nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Penonton Sedikit, Oscar 2018 Jadi Rating Terendah Sepanjang Masa

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 14:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 06 206 1868579 jumlah-penonton-sedikit-oscar-2018-jadi-rating-terendah-sepanjang-masa-cRQJf6J3JC.jpg

LOS ANGELES – Oscar 2018 berjalan cukup lancar pada Minggu 4 Maret waktu setempat. Tak ada lagi insiden salah amplop pemenang seperti tahun lalu. Namun, hal itu tak menjadi jaminan Oscar ditonton banyak orang.

Data dari Nielsen menunjukkan jika jumlah penonton dan rating Oscar 2018 kemarin adalah yang terendah sepanjang masa. Gelaran Oscar ke-90 kemarin hanya ditonton oleh 26,5 juta orang, turun 19 persen dari tahun lalu.

Angka tersebut adalah yang terendah kedua sepanjang masa perhelatan Oscar. Jumlah penonton terendah sejatinya masih ada di tahun 2008 dimana saat itu hanya 5 juta orang yang menonton.

Turunnya jumlah penonton juga berdampak pada anjloknya rating viewership Oscar 2018. Tahun ini, Oscar hanya mencatat rating rata-rata 18,9 persen, turun sekitar 16 persen dari tahun lalu.

Banyak yang mencoba mengorek penyebab rendahnya rating Oscar dan jumlah penonton tahun ini. Salah satu penyebab kuatnya diduga adalah tidak adanya film blockbuster yang masuk dalam kategori Best Picture.

BACA JUGA: Emma Waroka Akui Punya Kekasih Berondong, Inikah Orangnya?

BACA JUGA: Si Seksi Emma Waroka Bakal Menikah Lagi untuk Ketiga Kalinya

Dunkirk adalah film dengan pendapatan terbesar dibanding nomine kategori tersebut. Tapi tak banyak yang menjagokan film garapan Christopher Nolan itu meskipun pada akhirnya Dunkirk membawa pulang tiga Piala Academy Awards.

Oscar tahun lalu pun sebenarnya tak cukup baik. Ditonton 32,9 juta orang, rating yang didapat ABC sebagai stasiun TV yang menyiarkan Oscar hanya 22,4 persen dengan 9,1 persen antara penonton usia 18 hingga 49 tahun.

Oscar tahun ini pun tak sepolitis gelaran ke-89. Tahun ini, Oscar lebih menyoroti fenomena pelecehan seksual yang tengah marak terungkap di Hollywood.

Sebagai pengingat, The Shape of Water dinobatkan sebagai film terbaik Oscar 2018. Sementara Garry Oldman dan Frances McDormand masing-masing adalah peraih gelar Aktor dan Aktris Terbaik Oscar tahun ini yang kembali dipandu oleh Jimmy Kimmel. Demikian dilansir Hollywood Reporter, Selasa (6/3/2018).

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini