Share

Irfan Ramadhani, Pecinta Alam Difabel yang Kini Jadi Aktivis demi Perjuangkan Hak

Sukainah Hijarani, Okezone · Selasa 20 Desember 2022 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 20 33 2730494 irfan-ramadhani-pecinta-alam-difabel-yang-kini-jadi-aktivis-demi-perjuangkan-hak-ywKJK4sra5.jpeg Irfan Ramadhani (Foto: Youtube CameoProject)

JAKARTA - Didirikan oleh Martin Anugrah dan Andry Ganda pada tahun 2008, CameoProject adalah konten kreator YouTube yang terkemuka di industri, berfokus pada produksi konten video multi-genre, seperti komedi, kids, dan musik.

Channel CameoProject di YouTube telah menghasilkan lebih dari 1,14 juta subscribers dengan lebih dari 177 juta views. Salah satu segmen paling berkesan di channel ini yaitu ‘Cerita Tentang’, di mana seorang narasumber menceritakan kisah hidupnya yang penuh inspirasi.

Pada video dalam segmen ‘Cerita Tentang’ yang diunggah kali ini, seorang pria bernama Irfan Ramadhani menceritakan pengalaman dirinya sebagai difabel. Dirinya mengatakan bahwa saat melakukan olahraga wall climbing di ketinggian 10 meter, Irfan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dirinya lumpuh sebagian, dan hanya tangan serta kepala saja yang bisa digerakkan.

Irfan Ramadhani

“Tapi saat itu saya mengalami sadar, dan benar-benar sakit banget dan itu langsung ke punggung soalnya, di tulang belakang. Jadi itu yang membuat saya menjadi lumpuh dan menjadi difabel kayak gitu,” jelas Irfan.

Irfan bahkan mengakui bahwa dirinya sempat ingin melakukan bunuh diri karena tidak kuat menghadapi cobaan yang diberikan oleh Tuhan. Ia pun menjadi trauma dengan ketinggian dan wall climbing.

Saat ini, Irfan menjadi salah seorang aktivis difabel. Hal ini terjadi saat dirinya melihat banyak difabel-difabel lain yang hidupnya mungkin lebih terpuruk dari dirinya.

“Jadi mungkin pernah berpikir bahwa ketika kita melihat orang di atas kita tidak akan ada habisnya. Ketika kita menunduk ke bawah itu kita akan selalu bersyukur. Dari situlah gue merasa banyak teman-teman, rekan-rekan difabel yang hidupnya harus disemangati oleh teman-temen di luar difabel, jadi di situlah hati saya bergerak untuk sosialnya juga,” ungkapnya.

“Bahwa kalo misalkan Tuhan itu menciptakan manusia dengan setara. Jadi tidak ada manusia yang cacat,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Irfan berharap jika ke depannya hak asasi orang-orang difabel ataupun non difabel bisa disamaratakan dari segi pekerjaan, fasilitas umum, dan lainnya.

“Semoga ke depannya sudah dipenuhi sama pemerintah, dan ke depannya juga bisa teman-temen difabel juga bisa merasakan nikmatnya untuk bepergian di kepecinta alaman, naik gunung, susur goa, atau diving. Dan di situ sudah ada wadahnya jadi semoga ke depannya bisa terwujud. Kayak gitu, sih,” harapnya.

Buat yang penasaran dengan kisah Irfan selengkapnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel CameoProject, ya!

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini