Share

Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina, Ini Prosesi dan Maknanya dalam Adat Jawa

Lintang Tribuana, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 33 2723711 ngunduh-mantu-kaesang-dan-erina-ini-prosesi-dan-maknanya-dalam-adat-jawa-G12WLyxjlO.jpg Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: @erinagudono/Instagram)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akan menggelar acara ngunduh mantu dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu, 11 Desember 2022. Tentunya, acara ini sangat dinantikan masyarakat Indonesia.

Rangkaian ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina ini juga ditayangkan secara live di iNews, dimulai pukul 06.00 WIB. Acara adat itu kemudian bakal dilanjutkan dengan kirab akbar serta resepsi pernikahan. 

Penasaran apa itu ngunduh mantu? Berikut Okezone rangkum makna dan prosesinya dari berbagai sumber.

Ngunduh mantu merupakan prosesi yang sudah tak asing dalam pernikahan adat Jawa. Ngunduh artinya panen atau memanen, sedangkan mantu artinya menantu.

Secara garis besar, ngunduh mantu adalah prosesi yang dilakukan orangtua ketika menikahkan anak laki-lakinya. Pengantin perempuan diboyong ke kediaman laki-laki setelah sah dinyatakan sebagai suami istri.

Tak ada patokan pasti kapan upacara ini digelar, bisa H+1 pernikahan. Namun acara ngunduh mantu ini bukan kewajiban yang mesti dilakukan.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Ngunduh mantu diawali dengan kedatangan kedua mempelai bersama pengiring dari rumah mempelai perempuan. Biasanya pangombyong alias pengiring ini keluarga atau kerabat dekat pihak perempuan.

Dilanjutkan dengan Imbal Wicara, dialog penyerahan pengantin perempuan ke keluarga besar pria. Setelah itu, kedua pengantin diberi tirta suci, dua cangkir yang diminumkan orangtua pria secara bergantian.

Dalam prosesi sindur binayang, ayah pria menyampirkan kain sindur ke pundak kedua pengantin serta menuntun mereka ke pelaminan. posisi ibu pengantin pria di belakang mengiringi dengan memegang pundak kedua pengantin, sementara ayah di paling depan. 

Setelah itu, perwakilan keluarga mempelai pria biasanya memberikan sambutan dan ucapan terima kasih. Kedua mempelai bersama orangtuanya berdiri sejajar di pelaminan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini