Share

Bintangi Film Seperti Seharusnya, Yama Carlos Akui Pernah Tinggal dengan Penyandang HIV/AIDS

Selvianus, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 206 2719408 bintangi-film-seperti-seharusnya-yama-carlos-akui-pernah-tinggal-dengan-penyandang-hiv-aids-Zjg0AJvr9T.jpg Yama Carlos. (Foto: Instagram/@yamacarlos7)

JAKARTA MPI - Aktor Yama Carlos dinobatkan sebagai pemeran utama dalam film Seperti Seharusnya, memiliki cerita unik tentang penyakit human immunodeficiency virus atau HIV/AIDS. Dalam melakoni film itu, ia mengingat kembali masa-masa ketika tinggal dengan seorang sahabatnya yang terserang virus itu.

Memori bersama sang sahabat menjadi pengalaman manis bagi Yama. Karena hal itu pula, dia tidak merasa  kesulitan memerankan karakter penyandang HIV/AIDS dalam film yang digagas Jaringan Indonesia Positif ini.

"Hal ini bukan hal baru bagi saya," kata Yama Carlos saat ditemui awak media di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Yama mengatakan pertemanannya dengan sang sahabat itu dimulai pada 2008. Bahkan saking dekatnya, sang aktor pernah tidur satu ranjang dengan orang tersebut lantaran saat itu tidak tahu bahwa temannya menderita HIV/AIDS.

Namun sayangnya, teman Yama  meninggal dunia pada 2011, setelah  3 tahun tinggal bersama dan menjalin keakraban. Berangkat dari pengalaman itu, ia tak kesulitan selama berperan sebagai Reza dalam film Seperti Seharusnya.

Melalui persahabatan mereka, Yama juga jadi tahu lebih dalam mengenai penyakit tersebut. Pria 41 tahun itu mengetahui bahwa bekas urine, gelas minum, atau sendok bekas makan, tak menyebabkan penularan virus HIV. 

"Asalkan mulut kita nggak berdarah atau sariawan," tutur Yama Carlos.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai informasi, film pendek ini ditayangkan dalam peringatan hari AIDS sedunia yang diperingati tiap 1 Desember. Bercerita tentang sebuah keluarga yang dikucilkan lingkungannya karena mengidap penyakit HIV/AIDS.

Persoalan itu membuat mereka mendapatkan stigma dan diskriminatif buruk dari masyarakat. Tetapi perlahan-lahan berubah, dengan hadirnya sosialisasi lebih jauh tentang penyakit ini, sehingga masyarakat sadar dan mau menerima keluarga tersebut.

Film Seperti Seharusnya dibintangi oleh bintang ternama. Selain Yama Carlos, ada Putri Ayudya, Abirama Putra dan Delia Husein.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini