Share

Drama Reborn Rich yang Dibintangi Song Joong Ki Disebut Tak Hormati Istanbul

Claudia Noventa, Okezone · Rabu 23 November 2022 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 206 2713037 drama-reborn-rich-yang-dibintangi-song-joong-ki-disebut-tak-hormati-istanbul-kFkxvMiHMC.jpg Reborn Rich. (Foto: JTBC)

SEOUL - Di tengah pujian yang mengalir untuk drama Korea (drakor) Reborn Rich yang dibintangi Song Joong Ki, ada kritikan yang ditujukan pada tim produksi. Diketahui, dari awal penayangan drakor tersebut sudah mencuri perhatian dengan bukti tingginya rating yang dicetak.

Namun, kritikan datang setelah menampilkan adegan ketika Song Joong Ki datang ke Istanbul dan diserang sekelompok penjahat. Seorang pengguna TikTok menyebut drakor tersebut tidak menghormati Istanbul lantaran tak menunjukkan kota tersebut sebagai mana mestinya.

Cuplikan adegan Reborn Rich. (Foto: JTBC)

Mengutip Koreaboo pada Rabu (23/11/2022), akun tersebut menyebut, dalam drama representasi Istanbul tidak akurat. Bahkan akun tersebut menunjukkan perbandingan Istanbul di kenyataan dan di drama tersebut. Menunjukkan kenyataan bahwa Istanbul kota yang maju dan hidup.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, penggemar lainnya juga menyampaikan kekhawatiran lain terkait representasi Istanbul dalam drakor. Tim produksi seakan menonjolkan pada stereotip "Filter Timur Tengah" yang digunakan saat menampilkan kota bersama dengan musiknya.

Tak hanya itu, Istanbul juga digambarkan sebagai kota yang tidak berkembang dan tidak aman, dengan fokus pada sekelompok kejahatan terorganisir selama adegan. Seorang penggemar bahkan menjelaskan bahwa adegan di mana karakter Song Joong Ki dipukuli oleh anak-anak dan diejek mengacu pada stereotip yang tidak realistis.

Cuplikan adegan Reborn Rich. (Foto: JTBC)

Penggemar lainnya juga menyoroti agedan saat Song Joong Ki dipukuli dan diejek oleh anak-anak, mengacu pada stereotip yang tidak realistis. “Orang Turki adalah salah satu orang paling ramah & ramah yang pernah Anda temui. Jika mereka melihat seseorang pingsan, mereka pasti akan membantu.”

Ada juga yang menyoroti tulisan Arab yang ditunjukkan pada drama seolah menggambarkan Turki sebagai negara Arab. Padahal, Turki merupakan bagian dari Eurasia. Dialog serta pakaian yang dikenakan juga menekankan stereotip. Apalagi, tulisan Arab yang digunakan tidak tertulis dengan baik dan berantakan.

Cuplikan adegan Reborn Rich. (Foto: JTBC)

Banyak dari penggemar yang mengungkapkan kekecewaan mereka lantaran Istanbul tidak ditunjukkan sesuai faktanya. Meski begitu, para penggemar menegaskan bahwa mereka mengkritik tim produksi, bukan Song Joong Ki dan bintang lainnya yang memang sudah berakting cukup baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini