Share

Radio di Tengah Gempuran Media Digital, Vicky Irawan: Sampai Sekarang Survive Lah

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Rabu 19 Oktober 2022 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 598 2690543 radio-di-tengah-gempuran-media-digital-vicky-irawan-sampai-sekarang-survive-lah-yxAUSoW97C.jpg Podcast Partai Perindo (Foto: Ist)

GEMPURAN media digital yang semakin berkembang, membuat radio berusaha untuk mempertahankan eksistensinya. Berbagai strategi tentu dilakukan agar mereka tidak semakin ketinggalan zaman dan bisa terus bertahan sebagai media massa satu arah.

Media digital yang terus menerus berkembang, membuat Vicky Irawan selaku Chief Operating Officer MNC Radio Networks mulai memasang strategi. Terlebih dirinya sudah kurang lebih 24 tahun berkecimpung di dunia radio.

Menurutnya, industri radio dapat terus bertahan di era perkembangan media digital. Mengingat, dirinya juga sempat mengunjungi beberapa industri radio di Amerika Serikat dan melihat langsung bagaimana orang-orang yang bekerja di dalamnya bisa bertahan.

"Melihat itu, saya pikir akhirnya pada saat di MNC pun, dari awalnya saya masuk di sales marketing. Sekarang lebih end to end operation di radio. Sampai sekarang survive lah, kalau saya lihat. Radio maupun orang-orang yang bekerja di radio," ungkap Vicky Irawan dalam live streaming Instagram Partai Perindo, Rabu (19/10/2022).

Podcast Aksi Nyata

Vicky sendiri menilai bahwa radio bisa menjadi salah satu pintu untuk seseorang bisa terjun ke dunia hiburan. Hal itu bisa dilihat dari kesuksesan Surya Insomnia, Vincent Rompies, Desta, hingga Indra Bekti, yang semuanya berawal dari radio.

"Yang kita lihat sekarang, rata-rata banyak sekali awalnya adalah radio stars seperti Surya, Vincent dan Desta, Bekti. Jadi saya pikir, banyak yang melihat radio salah satunya sebagai entry point atau starting untuk masuk ke dunia entertainment,” terangnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

Meski begitu, ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat olehnya terkait perkembangan radio di masa lalu dan masa kini. Salah satunya terkait transformasi atau shifting ke era digital, streaming, podcast, dan lain sebagainya.

Vicky Irawan sendiri baru-baru ini terpilih sebagai ketua Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI) DKI Jakarta periode 2022–2026. PRSSNI sendiri diketahui beranggotakan 583 radio yang tersebar di Aceh hingga Maluku.

Jakarta sendiri diketahui hanya memiliki total 39 radio. Meski begitu, lataran terletak di Ibukota, Jakarta memiliki market leader hingga 17 juta pendengar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini