Share

Eko Kristianto Angkat Tradisi Masyarakat Jawa yang Sudah Hilang dalam Series Royal Blood

Novie Fauziah, Okezone · Kamis 11 Agustus 2022 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 598 2645641 eko-kristianto-angkat-tradisi-masyarakat-jawa-yang-sudah-hilang-dalam-series-royal-blood-p07JkuHbLs.jpg Royal Blood (Foto: Novie/MPI)

ORIGINAL Series Vision+ Royal Blood akan mulai tayang pada 17 Agustus 2022 mendatang. Selain mengangkat soal budaya perjodohan dan mengedepankan bibit, bebet, bobot, series Eko Kristianto selaku sutradara Royal Blood juga mengangkat tentang kebiasaan atau tradisi Jawa yang kini sudah mulai hilang, yaitu sarapan bersama.

Dalam Royal Blood akan ada beberapa scene yang memperlihatkan, keluarga keturunan bangsawan selalu makan pagi bersama di satu meja. Bahkan jam dan tata letaknya pun sama, sehingga hal ini mengingatkan masyarakat, bahwa di Indonesia ada tradisi itu.

"Mereka punya ritual, setiap pagi harus sarapan bersama. Di tempat yang sama, dan jam yang sama. Itu kan ritual yang sekarang ini hampir gak ada," katanya di sela-sela konferensi pers Royal Blood di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta Pusat, Rabu (08/09/2022).

Ia juga melanjutkan, bahwa suatu daerah yang masih mempertahankan adat budayanya secara turun temurun, itu membutuhkan usaha dan perjuangan yang sangat kuat. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, perlahan adat-adat itu kian terkesampingkan.

Vision+ Royal Blood

Khususnya di daerah Yogyakarta dan Solo, mayoritas masyarakatnya masih menggunakan bahasa Jawa yang baku. Serta bisa membedakan saat berbicara dengan yang sebaya, dan juga lebih tua.

"Yogyakarta dan Solo yang adatnya saya tahu masih itu. Besar banget effort mereka untuk budayanya," terangnya.

Baca Juga: Pos Indonesia Pekenalkan ULBI, Kampus Logistik Pertama di Indonesia

Royal Blood diperankan oleh Shakira Jasmine sebagai Anggi, Tania Qumsoani sebagai Saras, Andri Mashadi sebagai Bisma, Tubagus Ali sebagai Riza, Wani Dharmawan sebagai Bambang, Maudy Koesnaedi sebagai Gayatri, Virrisya Debora sebagai Nawang, dan Tanta Ginting sebagai Indra.

Royal Blood menceritakan seorang gadis ningrat, Anggi, yang memiliki sifat yang bertolak belakang dengan sang adik, Saras. Berbeda dengan Saras yang penurut, Anggi lebih menyukai kebebasan dan senang bernyanyi dalam band.

Anggi kemudian jatuh cinta dengan seorang laki-laki dengan latar belakang yang jauh berbeda dengan dirinya. Keluarganya pun tak menyetujui, karena mereka sudah menjodohkan Anggi dengan lelaki lain yang juga merupakan keturunan bangsawan.

Serial Royal Blood mengangkat kisah yang memadukan antara budaya Jawa dan modernitas yang menarik untuk dieksplorasi. Jalan ceritanya memperlihatkan kisah yang emosional, namun juga sarat akan pesan moral mengenai perkembangan budaya dan modernitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini