Share

Ini Hal yang Buat Adam Deni Dapat Keringanan Hukuman Penjara

Ravie Wardani, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 33 2620003 ini-hal-yang-buat-adam-deni-dapat-keringanan-hukuman-penjara-nyj4gp64ML.jpg Adam Deni (Foto: Ravie Wardani/MPI)

ADAM Deni divonis hukuman penjara selama 4 tahun oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, pada Selasa 28 Juni 2022. Kekasih dari Elsya Rosana itu divonis terkait kasus UU ITE yang dilaporkan oleh Wakil Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni.

Tak hanya Adam Deni, putusan tersebut juga berlaku untuk terdakwa 2, Ni Made Dwita Anggari.

Adapun vonis yang dijatuhkan kepada dua terdakwa yakni hukuman penjara empat tahun dan denda Rp 1 Miliar subsider 5 bulan bui. Meski begitu, hakim memiliki pertimbangan terhadap putusan tersebut.

"Satu, para terdakwa berlaku sopan di persidangan sehingga membuat persidangan berjalan lancar," tutur Rudi Kindarto selaku majelis hakim PN Jakarta Utara dalam persidangan.

Menurut hakim, kedua terdakwa juga dinilai telah menyesali perbuatannya.

"Para terdakwa belum pernah dihukum. Terdakwa satu merupakan tulang punggung bagi keluarganya dalam mencari nafkah sehari-hari," ucapnya.

Adam Deni

"Sedangkan terdakwa dua mempunyai keluarga," imbuh Rudi.

Selain itu, majelis hakim juga melihat itikad baik kedua terdakwa untuk melakukan upaya perdamaian dengan saksi korban di persidangan.

"Telah ada saling memaafkan antara para terdakwa dengan saksi dan korban," tutur majelis hakim.

Hakim juga membeberkan hal yang memberatkan kedua terdakwa dalam kasus tersebut.

"Yang memberatkan sifat dan hakikat perbuatan itu sendiri," pungkasnya.

Meski vonis tersebut separuh dari tuntutan jaksa, namun Adam tetap mengajukan banding atas putusan majelis hakim.

Sebelumnya, Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Adam Deni dan Ni Made delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar. Apabila denda itu tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan selama 5 bulan.

Dalam tuntutan JPU, Adam dan Ni Made dinilai terbukti bersalah secara sah dan menyakinkan memindahkan dokumen elektronik milik Sahroni yang sifatnya rahasia.

Adam dan Ni Made dinilai telah melanggar ketentuan dalam Pasal 48 ayat (3) jo Pasal 32 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini