Share

Idul Fitri 1443 H, Ini 5 Film Tentang Mudik dan Pulang Kampung

Andaru Danurdana, Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 206 2588283 idul-fitri-1443-h-ini-5-film-tentang-mudik-dan-pulang-kampung-R1fWUdyWnJ.jpg Mencari Hilal (Foto: Ist)

JAKARTA – Hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah telah tiba. Lebaran punya satu tradisi yang akan selalu melekat hingga akhir zaman; mudik alias pulang kampung.

Saking mengakarnya tradisi mudik di masyarakat, budaya pulang kampung pun tak jarang diangkat ke layar lebar oleh beberapa sineas kenamaan Indonesia. Mulai dari genre komedi hingga drama, berikut ini deretan film tentang mudik dan pulang kampung yang dirangkum Okezone.

Mencari Hilal

1. Mencari Hilal

Dirilis pada tahun 2015 silam, film Mencari Hilal berkisah tentang seorang lelaki bernama Heli yang pulang kampung untuk mengurus paspor supaya bisa ke luar negeri. Namun, ketika sampai di rumah, Ia malah dipaksa untuk menemani sang ayah dalam bertualang mencari hilal. Meski tak pernah akur sejak lama, perjalanan berdua ini lama-kelamaan membuat Heli bisa mengerti tentang sifat ayahnya sendiri.

2. Mudik

Film yang berikutnya, berjudul Mudik, berfokus pada sebuah keluarga kecil yang dikepalai oleh seorang lelaki bernama Firman. Ketika hendak pulang ke kampung halaman, mobil yang ditunggangi Firman dan istrinya tak sengaja menabrak orang hingga tewas. Akibatnya, perjalanan mudik keluarga Firman kali ini tak hanya dipenuhi oleh jalanan macet dan suara takbir, melainkan ketegangan yang semakin lama semakin menjadi-jadi.

3. 3 Hari Untuk Selamanya

Film tentang mudik yang selanjutnya adalah 3 Hari Untuk Selamanya. Film ini berkisah tentang sepasang lelaki dan perempuan yang tak terlalu dekat namun memutuskan untuk mudik dari Jakarta ke Jogja bersama-sama. Meski harusnya pendek, perjalanan mereka akhirnya memakan waktu tiga hari dan membuat mereka berhasil lebih mengenal satu sama lain.

4. Mudik Lebaran

Dalam film Mudik Lebaran, seorang lelaki bernama Gunadi yang lama merantau diminta pulang oleh orang tuanya. Ketika berada dalam perjalanan, Gunadi bertemu dengan banyak individu unik yang punya kisah serta konflik masing-masing menjelang Lebaran; membuat kehidupannya terasa tak begitu sepi.

5. Sampai Jadi Debu

Film terakhir dalam daftar ini adalah Sampai Jadi Debu, dimana sang protagonis yang bernama Damar memutuskan untuk pulang kampung ke Solo demi menemui keluarganya. Namun, karena sifatnya yang cuek, Damar akhirnya tak betah berlama-lama di Solo dan pulan ke Jakarta setelah beberapa hari saja. Sayangnya, begitu sampai di Jakarta, Damar mendapat kabar bahwa ayahnya baru saja meninggal dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini