Share

5 Artis Pemeran Tokoh Kartini, Dian Sastro hingga Yenny Rachman

Andaru Danurdana, MNC Portal · Kamis 21 April 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 33 2582828 5-artis-pemeran-tokoh-kartini-dian-sastro-hingga-yenny-rachman-3n9ewtk0z3.jpg Dian Sastro (Foto: Instagram)

RA Kartini adalah tokoh masyarakat Indonesia yang menginspirasi banyak orang, sehingga tak jarang sosoknya dihadirkan lewat film layar lebar. Sebagai seorang tokoh besar, sudah selayaknya peran RA Kartini di film diperankan oleh artis terkemuka pula.

Sepanjang sejarah perfilman Indonesia, tak sedikit sineas dalam negeri yang berusaha mengangkat kisah RA Kartini ke layar lebar. Hingga kini sudah ada tiga film tentang RA Kartini yang sempat menerangi bioskop Indonesia; dan semuanya diperankan dengan apik oleh lima artis berikut ini:

1. Yenny Rachman

Yenny Rachman

Artis yang pernah perankan RA Kartini pertama adalah Yenny Rachman. Dalam film berjudul RA Kartini dari tahun 1982, aktris kelahiran Januari 1959 ini berperan sebagai sang tokoh titular; mengangkat aspek kehidupan RA Kartini berdasarkan buku biografi yang ditulis oleh Sitisoemandari Soeroto. Film ini berhasil menangkan tiga Piala Citra.

2. Dian Sastro

Dian Sastro

Artis yang pernah perankan RA Kartini ke-dua adalah Dian Sastro. Membintangi film berjudul Kartini pada tahun 2017, aktris jebolan AADC ini membawakan kisah sang tokoh emansipasi dalam sebuah gaya baru di bawah sutradara Hanung Bramantyo. Film ini berhasil menangkan satu Piala Citra.

3. Adelheid Bunga

Adelheid Bunga

Artis yang pernah perankan RA Kartini berikutnya adalah Adelheid Bunga. Juga hadir di film yang sama dengan Dian Sastro, Adelheid berperan sebagai RA Kartini yang lebih muda; tepatnya ketika remaja berusia 14 tahun. Karena tak menjadi fokus cerita, Adelheid tak banyak tampil sebagai Kartini namun kehadirannya membuat film lebih berwarna.

4. Neysa Chandra

Neysa Chandra

Artis yang pernah perankan RA Kartini selanjutnya adalah Neysa Chandra. Masih membicarakan film Kartini tahun 2017, dalam film ini Neysa digandeng sebagai Kartini cilik sebelum nantinya mengoper peran kepada Adelheid Bunga. Meski kehadirannya singkat, Neysa sempat dinominasikan dalam ajang Piala Citra untuk kategori Penampilan Artis Cilik Terbaik.

5. Rania Putri Sari

Rania Putri Sari

Artis yang pernah perankan RA Kartini terakhir adalah Rania Putri Sari. Aktris yang satu ini membintangi film berjudul Surat Cinta Untuk Kartini pada tahun 2016 yang berfokus pada kisah cinta sang tokoh titular dengan seorang tukang pos. Dalam film ini, Rania harus berhadapan dengan banyak aktor ternama sekelas Chicco Jerikho dan Acha Septriasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini