Share

Hari Film Nasional, FFI 2022 Usung Tema Perempuan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 206 2570558 hari-film-nasional-ffi-2022-usung-tema-perempuan-FIp0WL4eZ6.jpg FFI 2022 (Foto: IG FFI)

JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Film Nasional yang diperingati setiap 30 Maret, Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan temanya untuk tahun ini. Khusus pada tahun 2022, FFI mengusung tema perempuan.

Hal itu diungkapkan aktor sekaligus Ketua Festival Film Indonesia Reza Rahadian. “Penyelenggaraan FFI bukan sekadar melahirkan proses kompetisi, tetapi juga sebagai peta untuk membaca dinamika perfilman Indonesia. Salah satu dinamika yang tergambar adalah andil besar perempuan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers di Sarinah Jakarta, Rabu (30/3/2022).

FFI 2022

Oleh karena itu, kata dia, di tahun 2022 ini FFI digelar dengan mengangkat tema ‘Perempuan: Citra Karya & Karsa’. Bukan tanpa alasan mengapa tema ini dipilih untuk penyelenggaraan FFI di tahun ini.

Dia menjelaskan, kata citra pada tema tersebut melambangkan keindahan perempuan yang abadi. Kemudian kata karya melambangkan ciptaan yang lahir, sedangkan karsa melambangkan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan.

“Perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber dari kelahiran sebuah karya. Karena itu kami juga mengapresiasi sosok perempuan dalam perfilman Indonesia yaitu Miss Roekiah, seorang bintang film pertama di era perfilman sebelum kemerdekaan,” ujar Reza Rahadian.

Menurutnya, tema ini dipilih untuk mengapresiasi kiprah para perempuan di dunia perfilman. Tak hanya itu, tema ini juga ingin menyadarkan kembali betapa pentingnya eksistensi perempuan di film Indonesia.

Sebab, perempuan di industri perfilman bukan hanya sebagai pemanis atau pelengkap saja, tetapi juga berperan besar bagi dunia film. Buktinya, sudah banyak sineas perempuan di Indonesia yang sudah berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia lewat karyanya.

Di momen yang sama, Reza Rahadian juga mengumumkan Duta FFI 2022 yang terdiri dari para aktris. Di antaranya saja ada Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini