Share

Dorce Gamalama Dimakamkan sebagai Laki-laki, Ustadz Zacky Mirza: Alhamdulillah, Sesuai Fitrah

Lintang Tribuana, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 33 2553726 dorce-gamalama-dimakamkan-sebagai-laki-laki-ustadz-zacky-mirza-alhamdulillah-sesuai-fitrah-S0ac3HqwJb.jpg Ustadz Zacky Mirza di makam Dorce Gamalama (Foto: MPI)

JAKARTA - Ustadz Zacky Mirza sempat khawatir dengan proses pemakaman Dorce Gamalama karena semasa hidup meninggalkan wasiat untuk dimakamkan sebagai perempuan. Dia pun mengucap syukur karena kini sang sahabat, dimakamkan sebagai laki-laki.

"Saya sempat deg-degan proses pemakaman gimana, tapi saya update terus di berita dan alhamdulillah prosesnya sesuai dengan fitrah asalnya," kata Zacky, ditemui saat ziarah makam Dorce di TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta Timur.

Dorce Gamalama

Menurut Zacky, dia memang sudah pernah mendengar langsung keinginan Dorce untuk dimakamkan sebagai perempuan, sebelum hal itu menjadi pemberitaan heboh. Dia pun sempat memberikan nasihat mengenai keinginan sang sahabat dari sisi agama.

"Memang kalau lagi ngobrol dari dulu bilang gw kalau mau meninggal ini (dimakamkan sebagai perempuan) ya prosesnya.. cuma saya pribadi udah jelasin ke beliau, sebelum ke media, sudah sering ngobrol," tuturnya.

"Memang itu yang dari dulu beliau mau. Kan tugas kita untuk sesama muslim ngasih nasihat apa yang benar sesuai agama," lanjutnya.

Tetapi setelah memberi nasihat, Zacky menyerahkan kembali kepada Dorce. Hal terpenting baginya adalah sudah memberi nasihat sebagai sesama muslim.

"Kalau saya orangnya gini, yang penting saya udah ngasih tau dan pada akhirnya itu jadi tanggung jawab beliau," ujar suami Shinta Tanjung itu.

Dorce Gamalama mengembuskan napas terakhirnya di usia 58 tahun, di RSPP Simprug, Jakarta Selatan, pada 16 Februari 2022 pagi. Sebelum meninggal dunia, dia sempat menjalani perawatan selama 3 minggu akibat COVID-19.

Jenazah Dorce kemudian disalatkan secara laki-laki dan dimakamkan di TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta Timur, satu liang lahat di pusara sang keponakan. Nama yang tertera pun tertulis dengan nama aslinya, 'Dedi Yuliardi (Dorce Ashadi) bin Ahmad'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini