Share

AMI Awards, Tempat Musisi Indonesia Unjuk Gigi dalam Karyanya

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 205 2538794 ami-awards-tempat-musisi-indonesia-unjuk-gigi-dalam-karyanya-bsNul9ocHj.jpeg AMI Awards (Foto: Buddyku)

JAKARTA - Anugerah Musik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan AMI Awards adalah ajang penghargaan musik terbesar di Indonesia. Merupakan penghargaan tertinggi dalam dunia industri musik Indonesia yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia untuk prestasi-prestasi musisi Indonesia setiap satu dekade. Perjalanan AMI Awards dimulai pada tanggal 29 November tahun 1997, periode penghargaan pertama kali diambil pada 1996-1997.

Total trofi yang diberikan kepada musisi berprestasi sebanyak 34 trofi. Dan pada tahun 2022 ini AMI Awards adalah tahun ke-25. Dengan diadakannya AMI Awards diharapkan akan selalu menjaga komitmen agar tetap independen, kredibel dan prestisius.

AMI Awards

Sebelumnya, AMI Award bernama BASF dan HDX Awards. Yaitu sebuah penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) dengan persatuan ide dan gagasan dari Asosiasi Industri Rekaman (ASIRI), Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), serta Karya Cipta Indonesia (KCI).

Konsep penghargaan ini mengacu pada National Academy of Recording Arts and Sciences (NARAS), penyelenggara Grammy Awards di Amerika Serikat. Selain AMI Awards yaitu untuk industri musik, ada juga penghargaan untuk industri televisi dan Festival Film Indonesia untuk industri film yaitu Panasonic Gobel Awards.

AMI Award sebelumnya memiliki 2 kategori, yaitu kategori penjualan dan kategori artistik. Dimana pemenang akan ditentukan berdasarkan penjualan tertinggi pada masing-masing genre. Sementara untuk kategori artistik ditentukan oleh juri khusus yang menilai pemenang berdasarkan kualitas karya. AMI Awards dikabarkan vakum pada tahun 2007 dalam penyelenggaraannya. Namun pada tahun 2007 tersebut, AMI pertama kalinya menyelenggarakan penghargaan untuk kategori dangdut. Namun penghargaan tersebut tidak berlangsung lama, dan tidak pernah diselenggarakan lagi pada tahun-tahun selanjutnya.

Selain memberikan penghargaan melalui kategori-kategori yang telah disebutkan, AMI juga memberikan beberapa penghargaan khusus tanpa adanya nominasi. Yaitu penghargaan untuk orang-orang yang telah berjasa dalam perkembangan musik di Indonesia yaitu penghargaan Lifetime Achievement Awards. Tak hanya itu AMI juga mengadakan penghargaan Artis Asing Terbaik yang pada tahun 2000 diberikan kepada Siti Nurhaliza dan penghargaan khusus artis Internasional Terbaik yang diberikan kepada Anggun C Sasmi pada tahun 2006, atas gemilangnya karier Anggun sampai kancah Internasional. Acara terakhir yang diselenggarakan AMI di tahun 2021 dengan mengambil tema “Spirit of Creativity” yang diselenggarakan pada tanggal 15 November tahun 2021 di studio RCTI+, Jakarta serta ditayangkan oleh stasiun TV RCTI.

Mau dapetin informasi yang lebih banyak lagi? Download BuddyKu untuk tahu informasi lebih lanjut terkait topik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hanya di BuddyKu tempat berbagi info untukmu! klik link berikut https://linktr.ee/buddykuofficial

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini