Share

AMI Awards 2022 Suguhkan Kategori Baru

Melati Pratiwi, MNC Portal · Rabu 14 September 2022 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 205 2667684 ami-awards-2022-suguhkan-kategori-baru-RdOag67QJG.JPG AMI Awards 2022 (Foto: Aldhi Chandra/MPI))

JAKARTA - AMI Awards semakin menaruh perhatian lebih pada jenis musik yang kian berkembang di Tanah Air. Kali ini, pihak Anugerah Musik Indonesia (AMI) , sepakat menambahkan lagi kategori-kategori baru terkait musik Indonesia.

Menurut Candra Darusman selaku Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) , hal ini lah yang menjadi pembeda antara pergelaran AMI sebelumnya dengan tahun 2022 ini.

"Yang berbeda tentu ada perkembangan beberapa kategori," ujar Candra, dalam preskon AMI Awards, Rabu (14/9/2022).

AMI Awards 2022

Keputusan tersebut keluar berdasarkan sidang kategorisasi AMI yang berlangsung tanggal 18-29 Juli 2022. Hasilnya, ada beberapa kategori baru antara lain sebagai berikut :

- Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik

- Duo/Grup/Kolaborasi R&B Kontemporer Terbaik

- Artis Solo Pria/Wanita Rap/Hiphop Terbaik

- Duo/Grup/Kolaborasi Rap/Hiphop Terbaik

- Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik

- Album Metal Terbaik

Tidak mudah bagi tim kategorisasi dalam menentukan lagu-lagu yang masuk ke dalam nominasi. Setidaknya ada 4156 lagu yang terdaftar tahun ini , berupa Karya Produksi single ataupun album yang dirilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2021 - 30 Juni 2022.

Lantaran kreativitas semakin tinggi dan banyak musisi yang berani berkarya menciptakan 'crossover music' , akhirnya muncul lah kategori baru seperti yang telah disebutkan.

Di samping itu, Candra juga mengutarakan keinginan AMI untuk menghempaskan jarak antara musik industri dan non industri.

"AMI Award ,yayasan ya, juga akan memberikan perhatian kepada musisi-musisi tradisi Indonesia, karena selama ini ami lebih condong ke industri ya, kita ingin mendekatkan musik industri dan non industri, supaya tidak ada jarak lagi" lanjut Candra.

AMI Awards tahun ini akan diselenggarakan pada 13 Oktober 2022. Bagi Candra Darusman, tidak ada kalah atau menang, nominasi adalah juara meskipun hanya satu dari setiap kategori yang akan memboyong piala AMI Awards 2022.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini