Share

Cerita Reza Zakarya Jadi TKI di Arab Saudi, Pernah Disekap dan Disiksa

Abdul Razak, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 33 2518732 cerita-reza-zakarya-jadi-tki-di-arab-saudi-pernah-disekap-dan-disiksa-MctRyzzKBf.jpeg Reza Zakarya (Foto: Instagram/ @reza_zakarya_daa)

JAKARTA- Penyanyi dangdut Reza Zakarya mengaku pernah menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Hal tersebut dilakukan olehnya lantaran kesulitan ekonomi dan ingin membantu keuangan keluarga sebagai anak pertama. 

Kendati demikian, Reza Zakarya mengaku sempat mengalami hal yang tak menyenangkan selama bekerja di negeri orang. Dia bahkan sempat disiksa dan disekap oleh sang majikan. 

Hal tersebut diungkapkan olehnya kala menjadi bintang tamu dalam acara yang dipandu Dewi Perssik, King Nazzar, Caren Delano dan Rian Ibrahim. "Reza, kabarnya kamu pernah mengalami hal tak menyenangkan ya saat kamu bekerja di Arab Saudi?" tanya Rian Ibrahim kepada Reza Zakarya, Jumat (17/12/2021).

Reza Zakarya

BACA JUGA:

Spider-Man: No Way Home Dapat Respon Positif, Tom Holland Tulis Pesan Haru

Jalani Rehabilitasi, Rizky Nazar Tampil Tertutup

"Benar, saya itu disekap, disiksa hingga tak dikasih makan," kata Reza Zakarya.

Reza pun mengungkapkan awalnya dia dijanjikan untuk menjadi seorang kasir saat mendapatkan pekerjaan sebagai TKI. Namun sesampainya di sana, dia justru dipekerjakan sebagai tukang cuci. 

"Pekerjaan saya mengharuskan berhubungan dengan chemical tanpa harus sarung tangan. Saya memilih tidak mau, akhirnya dari situlah saya disekap bahkan disiksa," katanya. 

Reza mengaku penyiksaan kerap menimpa dirinya, bahkan pria berdarah Arab itu harus menerima nasib tak diberi makan oleh sang majikan. "Saya itu selalu setiap ditanya orangtua, saya bilang dalam keadaan baik-baik saja karena tidak mau bikin orangtua kepikiran," katanya.

"Semua hak saya diambil, paspor, visa, kemudian uang dan tas saya disita. Saya bisa keluar asal harus ditebus seharga Rp21 Juta, karena tak kuat menahan lapar akhirnya saya kabur dari tempat itu," ucapnya.

Reza Zakarya mengaku dirinya berhasil kabur dari tempat bekerja dan menetap di salah satu rumah makan Maroko. Terlebih, dirinya masih menyimpan uang sebesar 9 Real.

"Saya kabur ke rumah makan Maroko karena saat itu lapar saya sudah enggak kuat, pas di rumah makan Alhamdullilah yang punya rumah makan mau menerima saya termasuk memberi makan hingga akhirnya orangtua saya mengabari jika saya sudah bisa pulang karena sudah ditebus Rp21 Juta," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini