Sinopsis Kadet 1947, Bangkitkan Kembali Rasa Patriotisme

Nadya, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 206 2511015 sinopsis-kadet-1947-bangkitkan-kembali-rasa-patriotisme-ihT6RDwSU5.jpg Kadet 1947. (Foto: Tematastudios)

LAYAR bioskop Tanah Air kini kembali bangkit membuktikan karya-karya terbaiknya. Salah satunya dengan kehadiran film Kadet 1947 yang membangkitkan kembali rasa patriotisme.

Usai terhambat oleh pandemi yang tak jelas kapan berakhirnya, Rahabi Mandra dan Winaldo Artaraya Swastia akhirnya membuktikan hasil kerja kerasnya melalui film nasionalis yang baru saja dirilis pada 25 November 2021.

Kadet 1947 mengangkat kisah perjuangan para Kadet atau calon penerbang Angkatan Udara dalam peristiwa misi serangan udara Angkatan Udara Republik Indonesia pada 29 Juli 1947 silam.

Baca Juga: Bisma Karisma Wujudkan Mimpi sang Ayah di Film Kadet 1947

Berlatar belakang di markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa, para Kadet yang beranggotakan Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio) berusaha membuktikan bahwa meski belum resmi menjadi penerbang mereka dapat turut berperan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam Agresi Militer Belanda I.

Perjuangan para Kadet kemudian mendapatkan rintangan yang cukup berat. Bersama para aktor aktor hebat lainnya, seperti Ibnu Jamil sebagai Halim Perdanakusuma, Ario Bayu sebagai Soekarno, dan Fajar Nugra sebagai Kapoet, film sejarah ini layak ditonton demi membangkitkan kembali rasa patriotisme generasi muda.

Antusiasme para penonton pun sangat tampak pada acara nobar karyawan Krakatau Steel (KS) yang diadakan pada Gedung Bioskop Transmart, Cilegon, 1 Desember lalu. Dihadiri oleh para pemain dan produser film Kadet 1947, penonton merasa puas dan bangga dapat menyaksikan karya luar biasa anak bangsa tersebut.

"Dari film ini, penonton mendapatkan pesan dan pembelajaran moral mengenai pentingnya semangat kerja sama, cinta Tanah Air, mempunyai keberanian dalam bertugas dan rela berkorban untuk kepentingan Bangsa dan Negara," ungkap Dirut KSP Ridi Djajakusuma.

Kadet 1947

Sementara itu, Coorporate Secretary (Corsec) KSP Saeful Rochman juga terbius dengan jalan cerita Kadet 1947. Bahkan film yang dibintangi Bisma Karisma dkk ini juga menambah emosi penonton.

"Filmnya bagus dan berhasil membius emosi penontonnya. Alurnya juga enak untuk diikuti, ada unsur persahabatan, cinta, dan konflik serta unsur humor dan heroik," ujar Saeful.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini