Sebelum Alec Baldwin Tembak Sinematografer, Kru Merasa Tidak Aman

Andaru Danurdana, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 33 2490879 sebelum-alec-baldwin-tembak-sinematografer-kru-merasa-tidak-aman-EksiZ52c5R.JPG Alec Baldwin (Foto: Reuters/Carlo Allegri)

JAKARTA – Industri perfilman Amerika Serikat mendapat kabar duka ketika Alec Baldwin tak sengaja menembak seorang sinematografer dan kemudian meninggal di lokasi syuting. Namun ternyata, sebelum insiden itu terjadi, para kru sudah merasa tak aman di lokasi karena berbagai alasan.

Beberapa hari yang lalu aktor Alec Baldwin sempat menjadi pusat perhatian industri film karena insiden yang ia picu di lokasi syuting film Rust. Ketika sedang mengambil gambar adegan menembak, pistol yang digunakan Alec rupanya masih menyimpan peluru dan mencelakai sinematografer Halyna Hutchins serta sutradara Joel Souza.

Baca Juga:

Alec Baldwin Tak Sengaja Tembak Kru Film Rust hingga Tewas

Alec Baldwin Tembak Kru, Hailey Bieber Tulis Pesan Haru

Alec Baldwin, Foto: Reuters Carlo Allegri

Meski sang sutradara berhasil selamat setelah dilarikan ke rumah sakit, sayangnya Halyna menghembuskan napas terakhirnya setelah terlambat ditangani oleh dokter. Kini, proses syuting film Rust pun terpaksa dihentikan sementara.

Insiden ini akhirnya memicu banyak pembicaraan mengenai protokol keselamatan lokasi syuting yang belakangan ini dianggap telah melonggar. Kini sedang diinvestigasi oleh kepolisian daerah Santa Fe, tak sedikit anggota kru yang maju dan bicara mengenai perasaan tak aman yang mereka rasakan di lokasi bahkan sebelum penembakan terjadi.

“Para kru mengatakan dengan jelas bahwa mereka merasa tak aman dan harus menghabiskan banyak waktu sebelum bisa mencapai lokasi, jadi mereka semua selalu kelelahan bahkan sebelum tiba. Mereka khawatir dan marah mengenai hal-hal tersebut sampai-sampai merencanakan sebuah demo,” tulis pernyataan tim produksi, dilansir dari ScreenRant, Minggu (24/10/2021).

Pernyataan ini pun mengungkap bahwa, jauh sebelum kematian Halyna Hutchins, Ia dan para kru lainnya sudah banyak mengajukan protes tentang protokol lokasi syuting yang menyangkut keamanan dan kesehatan mereka; dari protokol standar senjata api, protokol kesehatan Covid-19, jam istirahat, dan juga standar gaji.

Meskipun begitu, sejauh ini belum ada tuntutan yang dilayangkan dari keluarga korban kepada produksi film Rust maupun aktor Alec Baldwin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini