Imbas Kasus Alec Baldwin, Keselamatan Pekerja Film Jadi Perhatian

Andaru Danurdana, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 206 2490890 imbas-kasus-alec-baldwin-keselamatan-pekerja-film-jadi-perhatian-xnPvlO2Ssm.JPG Alec Baldwin (Foto: Reuters/Lucy Nicholson)

LOS ANGELES - Alec Baldwin mengalami kejadian mengenaskan. Pistol yang digunakan dalam film Rust meledak dan mengenai sinematografer Halyna Hutchins serta sutradara Joel Souza. Nyawa Halyna Hutchins tak terselamatkan dan Joel saat ini masih mendapatkan perawatan intensif.

Aliansi Internasional Karyawan Panggung Teater AS (International Alliance of Theatrical Stage Employees/IATSE) bertemu dengan Aliansi Produser Film dan Televisi menyoroti keselamatan pekerja film usai insiden Alec Baldwin.

Baca Juga:

Aktor Hollywood Alec Baldwin Lepaskan Tembakan di Lokasi Syuting, Tewaskan Sinematografer

Alec Baldwin Tembak Kru, Hailey Bieber Tulis Pesan Haru

Alec Baldwin, Foto: Reuters Carlo Allegri

IATSE kemudian menyiapkan hotline untuk menerima aduan para pekerja film yang merasa tidak aman dalam proses produksi film.

Menciptakan budaya keselamatan membutuhkan kewaspadaan tanpa henti dari kita masing-masing, hari demi hari. Tolong, jika Anda melihat sesuatu, laporkan," kata IATSE

Sementara itu, Rust Movie Productions menjelaskan keselamatan para pekerja menjadi prioritas utama. "Keamanan para pemain dan kru kami adalah prioritas utama Rust Productions dan semua orang yang terkait dengan perusahaan," kata Rust Movie Productions.

Sementara itu, kasus tersebut sedang diinvestigasi oleh kepolisian daerah Santa Fe, tak sedikit anggota kru yang maju dan bicara mengenai perasaan tak aman yang mereka rasakan di lokasi bahkan sebelum penembakan terjadi.

“Para kru mengatakan dengan jelas bahwa mereka merasa tak aman dan harus menghabiskan banyak waktu sebelum bisa mencapai lokasi, jadi mereka semua selalu kelelahan bahkan sebelum tiba. Mereka khawatir dan marah mengenai hal-hal tersebut sampai-sampai merencanakan sebuah demo,” tulis pernyataan tim produksi, dilansir dari ScreenRant, Minggu (24/10/2021).

Pernyataan ini pun mengungkap bahwa, jauh sebelum kematian Halyna Hutchins, Ia dan para kru lainnya sudah banyak mengajukan protes tentang protokol lokasi syuting yang menyangkut keamanan dan kesehatan mereka; dari protokol standar senjata api, protokol kesehatan Covid-19, jam istirahat, dan juga standar gaji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini