James Gunn Sebut Film Superhero Semakin Membosankan

Andaru Danurdana, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 206 2446991 james-gunn-sebut-film-superhero-semakin-membosankan-1a6O1cIsR8.jpg James Gunn (Foto: IG James Gunn)

JAKARTA – Film superhero adalah salah satu sub-genre film yang kini sedang marak. Mengadaptasi dari berbagai macam komik; dari dua penerbit besar Marvel dan DC, Image Comics, Dark Horse, Valiant, dan banyak lagi, genre superhero tampak datang bertubi-tubi semenjak kesuksesan MCU.

Naik daun karena film superhero, sutradara James Gunn mengaku bahwa genre fantasi dan fiksi ilmiah ini lama-kelamaan terkesan membosankan dan akan pudar karena kurangnya originalitas layaknya film perang dunia dan film koboi.

Baca Juga:

Mengintip Peran King Shark di Teaser Baru The Suicide Squad

Sylvester Stallone Resmi Gabung dalam Suicide Squad 2

James Gunn

“Kita semua tahu bagaimana film koboi tiba-tiba menghilang dan kenapa film perang dunia tiba-tiba menghilang,” ujar James dilansir dari IGN. “Entahlah, menurutku kau tak perlu menjadi seorang jenius untuk menghubungkan kedua point itu dan melihat bahwa ada sebuah siklus yang terjadi pada genre populer ... masa depan genre superhero akan terjamin kalau studio berani menampilkan sesuatu yang baru.”

“Semua film (superhero) terlihat bodoh dan membosankan bagiku,” ceplosnya.

Bukan omong kosong belaka, James Gunn mengambil contoh film koboi dan perang dunia karena pada tahun 50-an sampai 70-an beberapa franchise seperti Kelly’s Heroes dan The Dirty Dozen pernah tenar dan menjadi ikon dunia perfilman Amerika. Namun, karena setiap ceritanya seperti daur ulang, mereka semua ditinggalkan penggemarnya; James tak mau genre superhero berakhir seperti itu.

“Aku terinspirasi oleh karya Dave Gibbons dan komik Watchmen milik Alan Moore dimana para superhero bukanlah sosok sempurna, ceritanya jadi sedikit lebih segar,” lanjutnya. “Meski tak semuanya bisa menciptakan sesuatu yang baru, setidaknya cobalah untuk membawa sesuatu yang berbeda. Dalam karyaku, setidaknya aku berusaha mencampur banyak elemen.”

Sebagai jebolan Marvel, James menjadi salah satu dari sedikit sutradara yang berani membawa filmnya keluar dari formula MCU yang monoton. Film Guardians of the Galaxy-nya menjadi film pertama Marvel Studios yang membawa karakter-karakter tak terkenal dan membuatnya menjadi salah satu tim di komik Marvel yang paling dicintai.

Kini bekerjasama dengan DC untuk menciptakan film The Suicide Squad, tanggal 6 Agustus mendatang akan jadi sebuah ajang pembuktian bagi James Gunn di depan para penikmat film superhero: apakah filmnya juga termasuk film superhero membosankan yang akan bawa genre ini mundur perlahan dari panggung utama Hollywood?

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini