Geliat Industri Film Lokal di Tengah Pandemi Covid-19

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 206 2420383 geliat-industri-film-lokal-di-tengah-pandemi-covid-19-k0NJbI7wqW.jpg ADC 2021 (Foto: ADC 2021)

JAKARTA - Industri film lokal terus berupaya berjalan meski tengah dihantam pandemi Covid-19. Seperti halnya sineas lokal Aceh. Yayasan Aceh Dokumenter menghadirkan beasiswa untuk produksi film dokumenter untuk mahasiswa, melalui Aceh Documentary Competition (ADC) 2021.

Sembilan tim yang terdiri dari 18 peserta yang sudah melewati proses basic training sejak tanggal 13 Mei 2021. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan edukasi, produksi dan kompetisi film dokumenter untuk kalangan muda-mudi Aceh.

Baca Juga:

Sinopsis Jakarta VS Everybody, Dibintangi Wulan Guritno hingga Jefri Nichol

Comeback, Iqbaal Ramadhan Main Film Komedi Bareng Nirina Zubir hingga Asri Welas

Aceh Documentary Competition (ADC) 2021


Selama ini pendidikan kritis menjadi sebuah hal yang dibicarakan dalam pendidikan, menurut saya proses pembuatan film dokumenter ini melatih peserta untuk bisa berpikir kritis” ujar Muhammad Iqbal, selaku manager program ADC.

Nantinya, calon sineas Aceh yang akan membawa harum nama Aceh di kancah perfilman nasional. Dari sembilan tim telah terpilih 4 tim untuk memperoleh beasiswa belajar produksi film dokumenter. Dari sembilan tim tadi, sudah terpilih 4 tim untuk memperoleh beasiswa belajar produksi film dokumenter.

Berikut, empat tim yang berhasil lolos Aceh Documentary Competition 2021:

1. Aceh Pungoe karya sutradara Yoza Aminullah & T.Salmiza

2. Jejak Portugis Di Serambi Mekkah karya sutradara Maryam Gusti Maya & Rayhana Inayatillah

3. Sedikit Membantu Bumi karya sutradara Firas Mahdani & Khansa Najla

4. Sebelah Mata karya sutradara Mutmainnah & Nurul Aini.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini