Kisah Nini Carlina, Berawal dari Panggung ke Panggung di Banyuwangi

Doddy Handoko , Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 205 2410974 kisah-nini-carlina-berawal-dari-panggung-ke-panggung-di-banyuwangi-7ICryPxVho.jpg Nini Carlina (Foto: Instagram/@ninicarlina_real)

JAKARTA - Dikenal dengan nama panggung Nini Carlina, wanita kelahiran Banyuwangi, 12 Juli 1976 ini merupakan seorang penyanyi multi genre yang mengawali kariernya dari nol.

"Nama asli saya, Ninik Herlina, saya mengawali karier dengan berkeliling dari panggung ke panggung," ujarnya saat diwawancara beberapa waktu yang lalu.

Pada tahun 1992, keberuntungan berpihak padanya. Sebab, di tahun tersebut ia mencatatkan sejarah masuk ke dapur rekaman dengan album pertamanya "Gantengnya Pacarku".

Nini Carlina

"Lagu yang berjudul sama dari album itu meledak dan sukses melejitkan nama saya "ucapnya.

Lalu Nini melakukan kolaborasi dengan penyanyi Doel Sumbang dalam lagu yang juga menjadi fenomenal, Kalau Bulan Bisa Ngomong. Disusul lagu lain seperti Aku Cinta Kamu, Aku Rindu Kamu, Malioboro dan Tembang Cinta, yang membawa Nini ke puncak kesuksesan.

Baca Juga:

Kim So Yeon Beberkan Harapan untuk Nasib Cheon Seo Jin di The Penthouse 3

Uya Kuya Tawar Mobil Klasik Rp500 Juta, Pemilik: Itu Baru Bannya

Di sepanjang kariernya, Nini telah merilis beberapa album, di antaranya Tembang Cinta (1995), Tak Main-Main, Harap Maklum (2000), Bulan Andung-Andung (1997), dan Panah Asmara (2002).

Selain telah menelurkan album perdana pada tahun 1992 dan tersohor lewat duet dengan Doel Sumbang, Nini juga pada tahun 1994, pernah bergabung dengan grup HP Girls di bawah naungan HP Records, dengan anggota Merry Andani, Baby Ayu, dan Anis Marsela.

Di bawah didikan Jeffry Bule sebagai music director dan Doel Sumbang sebagai pencipta lagu, HP Girls pun mampu merilis album bertajuk Anak Mama.

Di tahun yang sama, Nini juga tergabung dalam “Kelompok Solidaritas” yang merupakan ide dari musisi rock handal Indonesia, Ian Antono.

Di bawah label Blackboard Ind, akhirnya diluncurkanlah sebuah album bertajuk Kelompok Solidaritas dengan hit Bunga Kehidupan yang liriknya digarap oleh Iwan Fals.

Iwan Fals

Dalam kelompok ini tercatat nama -nama seperti Ita Purnamasari, Nini Carlina, Dewi Yull, Franky Sahilatua, (Hengky Supit, Ikang Fawzi, Farid Hardja, Nicky Astria, Ahmad Albar, (Ecky Lamoh, Leo Kristi, sampai Gito Rollies.

"Pada 27 Juli 2011, saya kembali membentuk grup vokal bernama Smoothies bersama Bella Saphira, Della Puspita dan (Lia Emilia. Dalam perjalanannya, salah satu anggotanya pun digantikan oleh adik Nini, Fitri Carlina,"paparnya.

Sejauh ini Smoothies telah merilis single berjudul Party On The Beach di bawah naungan label Nagaswara.

Saat ini Nini lebih banyak dikenal sebagai penyanyi multigenre. "Saya merekam genre musik berbeda. Mulai dari Pop, Etnik, hingga Slow Rock," jelasnya.

Nini Carlina

Terkadang Nini juga tampil membawakan lagu Mandarin. Pada tahun 2006, karena perhatiannya pada nasib para buruh, Nini diangkat menjadi duta buruh migran Indonesia bersama Franky Sahilatua oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini