Chloe Zhao Jadi Wanita Kedua dalam Sejarah Raih Oscar sebagai Sutradara Terbaik

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Senin 26 April 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 598 2400724 chlo-zhao-jadi-wanita-kedua-dalam-sejarah-raih-oscar-sebagai-sutradara-terbaik-etQBASbObU.jpg Chloe Zao (Foto: Variety)

JAKARTA - Sutradara kelahiran Beijing, Tiongkok, Chloe Zhao, berhasil membawa pulang piala Oscar lewat film Nomadland. Dalam ajang tersebut, Chloe Zhao memenangkan piala Oscar sebagai Best Director lewat film yang dirilis pada September 2020 kemarin dan berhasil meraup keuntungan lebih dari Rp 88 miliar.

Kemenangan Zhao bahkan menjadikan dirinya sebagai wanita Asia pertama yang memenangkan Oscar sebagai sutradara terbaik. Tak hanya itu, ia bahkan menjadi wanita kedua peraih kemenangan sebagai Best Director versi Oscar, setelah Kathryn Bigelow lewat film The Hurt Locker.

Mengenakan sepatu kets putih dengan rambut dikepang, Zhao tampak mengucapkan rasa terima kasihnya pada seluruh pemain dan kru yang terlibat dalam Nomadland. Termasuk untuk orang-orang yang sudah menjadi inspirasinya untuk terus berkarya.

 

Baca juga:

Inilah 5 Pemenang Oscar Termuda Sepanjang Masa

"Penghargaan ini saya dedikasikan untuk semua yang memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang teguh pada kebaikan dalam diri masing-masing," ungkapnya di atas panggung.

"Tak peduli betapa sulitnya untuk melakukan hal itu. Ini untuk kalian semua. Kalian menginspirasiku untuk terus maju. Terima kasih," lanjutnya.

 

Sebagaimana diketahui, dalam penyelenggaraan Oscar tahun ini ada lebih dari satu sutradara wanita yang menjadi nominasi dalam kategori sutradara terbaik. Selain Zhao, ada pula Emerald Fennell lewat filmnya 'Promosing Young Woman'.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini