6 Rekomendasi Film Tentang Narkoba, Salah Satunya Berdasarkan Kisah Nyata

Esa Rizky Abdillah, Jurnalis · Senin 23 November 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 206 2314636 6-rekomendasi-film-tentang-narkoba-salah-satunya-berdasarkan-kisah-nyata-9uFVeYJJqj.JPG Film Traffic (2000) (Foto: wall.alphacoders)

JAKARTA - Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba), menjadi hal yang terus diperangi hingga saat ini. Kisah di balik orang yang terlibat dalam jaringan narkoba hingga perjuangan untuk keluar dari pengaruh Narkoba, selalu menarik untuk disimak dan dijadikan ide untuk diangkat di layar lebar.

Berikut beberapa rekomendasi film terbaik yang menceritakan tenta narkoba, seperti dilansir The Oprah Magazine, Senin (23/11/2020):

1. Trainspotting (1996)

Trainspotting dirilis pada tahun 1996. Film Trainspoitting mengisahkan seorang remaja bernama Renton (Ewan McGregor) dalam perjuangannya untuk lepas dari kecanduan dan belenggu narkoba, dibantu juga oleh beberapa teman-temannya. Kisah kocak dan perjuangan Renton dan kawan-kawannya dalam melepaskan diri dari narkoba ini sangat seru untuk disaksikan.

Original soundtrack film Trainspotting termasuk ke dalam salah satu soundtrack film terbaik sepanjang masa versi majalah Pitchfork.

Film Trainspotting 

Baca juga: 5 Film Tentang Hacker yang Wajib Ditonton

2. American Made

Film ini terinspirasi dari kisah nyata Barry Seal, seorang penyelundup narkoba. Karakter Barry diperankan oleh Tom Cruise.

Film ini berkisah mengenai Barry yang menyelundupkan narkoba milik Pablo Escobar sekaligus bekerja untuk CIA pada tahun 1980-an.

Namun, Barry juga bersahabat dengan bos mafia dari Kartel Medellin ini. Film ini disutradarai oleh Doug Liman dan dikemas dengan bumbu humor sehingga ceritanya sangat menghibur meski temanya cukup serius.

3. Escobar: Paradise Lost

Film ini diangkat dari kisah nyata dan disutradarai oleh Andrea Di Stefano. Film ini bercerita tentang Nicko (Josh Hutcherson) dan saudaranya yang dipindah ke pinggiran pantai Kolombia. Nicko bertemu dengan seorang gadis bernama Maria (Claudia Traisac) yang tak lain adalah keponakan dari Pablo Escobar (Benicio Del Toro).

Nicko sendiri tak tahu seberapa besar kekuasaan Escobar dalam bisnis narkoba.

4. Scarface

Disutradarai oleh Brian De Palma, film ini mengikuti kisah Tony Montana (Al Pacino) yang pada awalnya merupakan pengungsi asal Kuba yang tak mempunyai apapun hingga menjadi salah satu bos mafia narkoba berpengaruh.

Walaupun pada awalnya mendapat kritik negatif karena adegan kekerasan dan penggunaan obat-obat terlarang terlalu eksplisit, seiring berjalannya waktu Scarface mulai memperoleh pengakuan sebagai salah satu film kriminal terbaik yang pernah dibuat karena adegan aksi yang intens terutama pada bagian klimaks dan performa ikonik dari Al Pacino.

5. Traffic

Film Traffic 

Steven Sodenberg menjadi salah satu sutradara yang menjadi jaminan dalam menghadirkan pengisahan yang berkualitas dalam film-film arahannya. Traffic menjadi film di awal karirnya yang tidak hanya membuat namanya semakin melejit namun juga membawanya memenangkan Sutradara Terbaik di ajang Oscar 2001. Mengangkat kisah pedagangan ilegal narkoba dari berbagai perspektif, Traffic menuai pujian karena penceritaan menegangkan yang tepat sasaran dan menyentil nilai-nilai moral yang ada di masyarakat.

6. Sicario

Film pertarungan antara pihak berwajib dan kartel yang pantang untuk dilewatkan. Disutradarai oleh Denis Villeneuve, Sicario mengikuti kisah Kate Macer (Emily Blunt), seorang agen FBI ditugaskan untuk bergabung dalam tim khusus yang memiliki misi khusus menjatuhkan seorang pemimpin kartel Meksiko. Dinominasikan untuk penghargaan tertinggi pada ajang Cannes Film Festival 2015, film ini tidak hanya dipuji karena naskah cerdas, padat, dan akurat mengenai perang narkoba namun juga akting kuat dari Emily Blunt dan Benicio Del Toro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini