Pandemi, Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2020 Digelar Virtual

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 23 November 2020 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 206 2313999 pandemi-jogja-netpac-asian-film-festival-2020-digelar-virtual-FpT4m4gcPW.jpg JAFF 2020 (Foto: IG JAFF)

JAKARTA - Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2020 digelar dengan cara berbeda. Di masa pandemi ini, JAFF 2020 yang dilangsungkan pada 25-29 November 2020 hadir dengan cara virtual atau streaming.

Perayaan JAFF 15 kali ini akan mengusung tema Kinetik. Tema ini dihadirkan dengan maksud gerakan-gerakan yang berasosiasi dengan kekuatan maupun energi. Kedinamisan gerak ini mewakili usaha-usaha para pegiat sinema yang tidak larut dan menyerah terhadap keadaan.

Baca Juga:

Kirim Doa untuk Habib Rizieq, Nikita Mirzani: Semoga Cepat...

Sindir Habib Rizieq, Vanessa Angel: Aku Hamil Besar Dipanggil Polisi Tetap Datang

JAFF 2020

"Di tengah situasi pandemi, Kinetic menggarisbawahi pentingnya merawat gerak sinema Asia demi mencapai kebesarannya. Masyarakat bersama JAFF 15 dapat terlibat aktif bagi mereka yang paling membutuhkan bantuan di tengah krisis, dengan mengarungi gelombang perubahan oleh pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi mendasar dalam ekologi media kontemporer”, tutur Budi Irawanto selaku presiden JAFF dalam rilis yang diterima Okezone.

Kehadiran JAFF awalnya adalah upaya mendekatkan sineas dengan masyarakat. JAFF hadir pertama kali pada 2006 saat terjadinya Gempa Yogya.

" “Festival bukan hanya berarti sebagai perayaan. Tetapi sudah seharusnya menjadi energi di tengah sebuah krisis. Di era pandemi seperti ini justru JAFF harus diselenggarakan untuk menumbuhkan semangat perfilman Indonesia”, ujar Ifa Isfansyah sutradara ternama sekaligus Direktur Festival JAFF 15.

Tercatat ada 29 negara Asia Pasifik yang berpartisipasi di salah satu festival terbesar di Indonesia ini, antara lain Australia, Cambodia, China, Denmark, Germany, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Japan, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Malaysia Myanmar, Norwegia, Philippines, Qatar, Serbia, Singapore, Sri Lanka, South Korea, Taiwan, Thailand, Tibet, Turkey, USA, Uzbekistan, Vietnam.

Sebanyak 128 film (57 feature dan 71 film pendek) akan ditayangkan pada gelaran JAFF 15 yang terbagi dalam beberapa program, antara lain Asian Perspectives, JAFF-NETPAC, Light of Asia, Indonesian Films Splash, Special Program dengan Shanghai IFF 2020 dan Kemenparekraf, serta kolaborasi bersama 15 komunitas film.

JAFF 15 akan dilangsungkan pada 25-29 November 2020 secara luring di Kedai Kebun Forum Yogyakarta dan 14 kota lainnya di seluruh Indonesia dan secara daring di kanal Klik Film.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini