Sempat Pendarahan, Kimberly Ryder Berhenti Susui Anak Pertama

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 33 2296507 sempat-pendarahan-kimberly-ryder-berhenti-susui-anak-pertama-fIoP5b0Ysb.jpg Kimberly Ryder dan putra sulungnya. (Foto: Edward Akbar/Instagram/@kimbrlyryder)

JAKARTA - Aktris Kimberly Ryder mengaku, tak lagi memberikan air susu ibu (ASI) kepada putranya, Rayden Starlight Akbar. Hal itu dilakukannya setelah sempat mengalami pendarahan di kehamilan keduanya saat ini.  

"Banyak yang tanya, 'Anaknya masih menyusui enggak?' Ok, aku cerita ya. Alhamdulillah, aku bisa mengASIhi Rayden dari lahir secara exclusive (tanpa bantuan sufor/MPASI dini) dan directly (bukan hasil pompa)," ujarnya lewat Instagram, pada Senin malam (19/10/2020)

Kimberly Ryder bersama suami dan anak. (Foto: Instagram/@kimbrlyryder)

Namun momen memberikan ASI kepada Rayden, diakui Kimberly Ryder, hanya bertahan hingga putranya itu berusia 6 bulan. Dia berhenti menyusui sang putra, setelah mengetahui kehamilan keduanya memasuki trimester kedua.

"Awalnya, semua lancar-lancar saja, sampai aku akhirnya mengalami pendarahan. Lalu kami cek dan dokter mengatakan, pendarahan ringan bisa terjadi akibat kontraksi pada saat menyusui," tutur istri Edward Akbar tersebut. 

Pendarahan selama 3,5 minggu, menurut Kimberly Ryder, diperburuk dengan mastitis alias peradangan pada jaringan payudara yang dialaminya. Kondisi tersebut, memaksa sang aktris untuk beristirahat total.

Baca juga: Kimberly Ryder Hamil Kedua, Deretan Artis Ucapkan Selamat


Meski begitu, Kimberly Ryder menjelaskan bahwa kondisi fisiknya tentu berbeda dengan perempuan lain. Karena itu, sangat memungkinkan bagi seorang ibu untuk tetap bisa menyusui anak mereka meski tengah berbadan dua. 

Kimberly Ryder bersama suami dan anak. (Foto: Instagram/@kimbrlyryder)

"Jangan pikirkan kata-kata orang yang bilang, 'ASImu sudah tidak baik lagi untuk bayimu karena kau hamil'. Aku percaya, ASI tetap lebih sehat daripada sufor manapun. Dan banyak kok ibu-ibu yang berstatus 'tandem nursing' (menyusui dua anak beda usia)," ungkapnya.

Setelah berhenti memberi ASI, kini putra Kimberly sepenuhnya mengonsumsi susu formula yang dikombinasikan dengan MPASI. Kondisi itu, diakui sang aktris, sempat membuatnya menangis karena tak tega melihat putranya merengek meminta ASI.*

Baca juga: Pamer Kekayaan, Akun Instagram Denise Chariesta Raib 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini