Komplikasi setelah Persalinan, Rahim Rachel Maryam Terpaksa Diangkat

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 33 2289756 komplikasi-setelah-persalinan-rahim-rachel-maryam-terpaksa-diangkat-JpXO3rvn3L.jpg Rachel Maryam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Usai melahirkan Eijaz melalui operasi caesar, Rachel Maryam dikabarkan mengalami komplikasi yang mengakibatkan pendarahan cukup hebat. Bahkan, untuk menghentikan pendarahan tersebut, pihak medis terpaksa harus mengangkat rahim dari Rachel Maryam yang disebut menjadi penyebab utama pendarahan.

"Pasca operasi caesar Rachel mengalami komplikasi yang menyebabkan pendarahan dalam hebat. Hal ini membuat dokter harus mengambil tindakan untuk segera melakukan operasi kembali untuk menghentikan penyebab pendarahan," tulis Edwin Aprihandono melalui pesan singkat, Selasa, 6 Oktober 2020.

Baca Juga: Kadar Albumin dan HB Rachel Maryam Sempat Turun Drastis usai Melahirkan

 

"Dan diputuskan agar Rachel diangkat rahimnya," sambungnya.

Proses operasi pengangkatan rahim yang dilakukan tim medis terhadap Rachel Maryam yang kehilangan banyak darah, sehingga kadar hemoglobinnya turun drastis. Bahkan lantaran HB Rachel cukup rendah, dokter secara sengaja membuat anggota DPR periode 2009-2014 ini tertidur selama dua hari.

"Pendarahan ini menyebabkan Rachel kehilangan banyak darah yang membuat HB darah Rachel jadi drop dan membutuhkan sangat banyak sekali transfusi darah," jelas Edwin.

"Untuk kenyamanan pasien, maka dokter memutuskan agar Rachel 'ditidurkan' atau dibuat 'tidak sadar' selama 2 hari dari total 4 hari Rachel dirawat di ICU. (Jadi berita bahwa Rachel 'koma' sebenarnya kurang tepat, lebih tepatnya 'ditidurkan'.)," sambungnya.

Saat ini, kondisi Rachel Maryam diketahui sudah berhasil melewati masa kritis. Ia bahkan sudah tak lagi di rawat di ruang ICU dan bisa bebas bertemu dengan putranya.

"Alhamdulillah hari ini Rachel sudah lewat masa kritis dan masuk masa pemulihan. Rachel sudah dirawat di kamar biasa dan tidak perlu dirawat di ICU lagi," bebernya.

 

"Rachel juga sudah bertemu dengan bayinya dan sangat bahagia," tutupnya.

1
2
BERITA FOTO
+ 8

Rachel Maryam Telah Menikah

Rupanya, mereka telah melangsungkan pernikahan secara siri sejak 16 Desember 2011. Rachel menuturkan, dirinya tak bermaksud menutupi pernikahan yang telah berlangsung sejak tiga bulan lalu. Dan pernikahan mereka pun telah diketahui keluarga dan para kerabatnya.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini