Profil Benyamin Sueb, Seniman Legendaris Betawi yang Hiasi Google Doodle Hari Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 33 2281628 profil-benyamin-sueb-seniman-legendaris-betawi-yang-hiasi-google-doodle-hari-ini-an6i4Q276M.jpg Benyamin Sueb (Foto: Si Doel Anak Betawi)

JAKARTA - Sosok seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb menghiasi Google Doodle hari ini, (22/9/2020). Melansir Google, ilustrasi dibuat untuk memperingati peresmian Taman Benyamin Sueb di Jakarta Timur tepat dua tahun lalu. Taman tersebut merupakan sebuah pusat budaya yang didedikasikan untuk menjunjung tinggi warisan budaya Betawi yang sangat dicurahkan Benyamin Sueb dalam hidupnya.

Mendiang Benyamin Sueb memang memiliki segudang bakat semasa hidupnya. Pria kelahiran Jakarta, 5 Maret 1939 dikenal sebagai pelawak, penyanyi, penulis lagu, penulis, sutradara, dan produser. Sudah ada lebih dari 50 judul film yang dibintangi olehnya dan 300 lagu diciptakan.

Baca Juga:

Peristiwa 5 September: Meninggalnya Benyamin Sueb

Rano Karno Ajak Keluarga Si Doel Kenang Benyamin Sueb

Benyamin Sueb


Benyamin Sueb pertama kali memasuki dunia musik pada tahun 1950-an sebagai anggota band Melody Boys. Ia kemudian mengandalkan idiom musik Betawi yang lebih tradisional untuk menulis lagu hits termasuk Nonton Bioskop, Hujan Gerimis, dan Ondel-Ondel.

Karier aktingnya dimulai pada awal tahun 1070-an. Film yang dibintanginya pun tak jauh dari penggambaran budaya Betawi yang lebih akurat.

Dia mendapat pujian untuk peran dalam film seperti Intan Berduri dan Si Doel Anak Modern. Keduanya membuatnya mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik di Piala Citra. Tak sampai di situ, ia juga menghidupkan karakter ayah si Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Pada tahun 1990, Benyamin Sueb mendirikan Radio Ben, satu-satunya stasiun radio di Indonesia yang didedikasikan untuk Betawi, yang terus memainkan musiknya hingga hari ini.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini