Penulis Benyamin Biang Kerok Kembali Gugat Falcon Pictures

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 15 206 1978313 penulis-benyamin-biang-kerok-kembali-gugat-falcon-pictures-NEGZfKToXt.jpg Syamsuk Fuad (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Penulis Benyamin Biang Kerok, Syamsul Fuad kembali menggugat Falcon Pictures terkait hak cipta. Sama seperti sebelumnya, Fuad mendaftarkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Bedanya, Syamsul Fuad dalam gugatan kali ini turut menggugat PT Layar Cipta selaku pihak yang menjual hak edar Benyamin Biang Kerok kepada Falcon Pictures.

Menurut keterangan Andi Mulkana selaku kuasa hukum Fuad, keputusan menggugat PT Layar Cipta mengacu pada hasil gugatan sebelumnya yang ditolak pengadilan.

 

"Waktu sidang yang pertama, gugatan pertama kan kurang pihak, jadi kita ambil saja semua," jelas dia usai menghadiri sidang perdana gugatan hak cipta Benyamin Biang Kerok, Kamis (15/11/2018).

Baca Juga: Bentrok dengan Penulis Benyamin Biang Kerok, Ody Mulya Hidayat Ingin Damai?

Selebihnya, Syamsul Fuad tetap menitikberatkan pokok perkara pada statusnya sebagai pemegang hak cipta Benyamin Biang Kerok seperti gugatan pertama.

Kata Andi Mulkana, yang membedakan gugatan Fuad kali ini dengan sebelumnya hanya terletak pada penambahan pihak tergugat. Menurutnya, langkah tersebut diambil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti di gugatan terdahulu.

"Supaya jangan lagi nanti di eksepsi lagi, kurang pihak. Kalau kurang pihak kan di eksepsi lagi. Kan pokok perkaranya beum diperiksa itu," terangnya.

Sayang, jalannya sidang harus ditunda karena pihak Falcon Pictures tidak memenuhi panggilan. Rencananya, sidang gugatan hak cipta Benyamin Biang Kerok baru akan digelar lagi pekan depan.

"Hasil sidang hari ini ditunda karena tergugat satu, dua dan turut tergugatnya tidak hadir. Yang hadir kan hanya dari tergugat tiga, PT Layar Cipta," tutup Andi Mulkana.

 

Sebelumnya diberitakan, Syamsul Fuad sempat mendaftarkan gugatan hak cipta Benyamin Biang Kerok ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 5 Maret 2018. Berkas gugatan Syamsul terdaftar dengan nomor perkara 9/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2018/PN Niaga Jkt.Pst.

Sayang pada saat itu, gugatan Syamsul Fuad ditolak setelah eksepsi pihak Falcon Pictures dalam persidangan dikabulkan Majelis Hakim.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini