Digugat Balik, Penulis Benyamin Biang Kerok Tertawakan Falcon Pictures

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 19 206 1888772 digugat-balik-penulis-benyamin-biang-kerok-tertawakan-falcon-pictures-wb8AAr9ryl.jpg Syamsul Fuad (Foto: Yoga/Okezone)

JAKARTA - Pihak Falcon Pictures ternyata tidak tinggal diam menghadapi gugatan hak cipta yang dilayangkan Syamsul Fuad selaku penulis Benyamin Biang Kerok. Mereka sudah menggugat balik Fuad atas tuduhan Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

"Sudah masuk (gugatan). Tapi yang dari Falcon kita belum terima. Nanti sidangnya 25 April," kata kuasa hukum Syamsul Fuad, Bakhtiar Yusuf di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Diketahui, Syamsul Fuad selaku penulis naskah Benyamin Biang Kerok mengajukan gugatan hak cipta terhadap Falcon Pictures. Selaku penulis skenario film tersebut, Fuad merasa Falcon Pictures tidak pernah meminta izin untuk membuat Benyamin Biang Kerok versi baru yang belum lama ini dirilis.

(Baca Juga: Tujuh Artis Ini Terlihat Jauh Lebih Muda Dibanding Usia Sebenarnya)

(Baca Juga:Nikita Mirzani Habiskan Rp100 Juta untuk Umrah Private)

Buntutnya, Syamsul Fuad sempat mengirim somasi pada pihak Falcon Pictures terkait pembuatan Benyamin Biang Kerok versi baru. Namun somasi tersebut tidak mendapat tanggapan dari Falcon Pictures.

Merasa pihak Falcon Pictures tidak menunjukkan iktikad baik, Syamsul Fuad pun mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 5 Maret. Berkas gugatan Syamsul terdaftar dengan nomor perkara 9/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2018/PN Niaga Jkt.Pst.

Kendati gugatan balik pihak Falcon Pictures sudah terdaftar, tekad Syamsul Fuad memperjuangkan haknya dari film Benyamin Biang Kerok tak memudar. Dia justru mentertawakan langkah hukum yang diambil Falcon Pictures.

"Saya ketawa. Semua orang juga coba lihat, banyak yang ketawa. Mereka kok nyalahin saya. Mereka bilang kok Pak Fuad yang disalahin. Orang-orang nyalahin saya," tutur dia.

Lebih lanjut, Syamsul Fuad merasa Falcon Pictures sudah gagal dalam membungkus ulang kisah Benyamin Biang Kerok. Oleh karenanya, Fuad pun langsung menyatakan kesiapan dalam menghadapi gugatan balik yang diajukan Falcon Pictures.

 

"Saya sebagai orang film, saya katakan bahwa mereka salah sasaran. Tidak bisa dicerna sama penonton. Tidak menggugah, padahal film harus menggugah. Apalagi film komedi. Film komedi tidak lucu, tidak laku. Gagal. Itu hukumnya. Film drama tidak menyentuh, tidak tersentuh penontonnya, gagal. Itu prinsip. Saya sebagai yang sudah berpengalaman di film komedi," tandas Syamsul Fuad.

Sidang kasus sengketa hak cipta film Benyamin Biang Kerok antara Syamsul Fuad melawan Falcon Pictures sendiri kembali digelar hari ini. Majelis Hakim memberikan kesempatan bagi pihak Falcon Pictures selaku tergugat, untuk memberikan jawaban atau eksepsi atas gugatan Fuad.

 

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini