5 Film Rekomendasi Bergenre Psikologi-Thiller, Unbreakable hingga Joker

Evan Oktavianus, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 206 2259288 5-film-rekomendasi-bergenre-psikologi-thiller-unbreakable-hingga-joker-zJBSSPrvpK.jpg Joker (Foto: Warner Bros)

JAKARTA - Berbeda dengan horor, film genre psikologi thriller dapat membuat penontonnya ketakutan dari efek-efek serta materi yang disajikan. Selain itu, salah satu hal yang paling ditunggu penonton film psikologi thriller adalah plot twist.

Kali ini, Okezone merangkum 5 film rekomendasi bergenre psikologi thriller. Berikut daftarnya:

Baca Juga:

- Joker Pimpin Nominasi Oscar dengan 11 Kategori

- Sakit, Cita Citata Dijenguk Mantan Tunangan

1. Unbreakable (2000)

Menceritakan Elijah Price (Samuel L. Jackson) yang lahir dengan penyakit genetik Osteogenesis Imperfecta, sebuah kelainan fisik dimana tubuh tidak mampu memproduksi protein tertentu sehingga tulangnya menjadi sangat rapuh. Saat dilahirkan, Elijah menangis tak henti dikarenakan tulang kaki dan tangannya yang sudah patah sejak dalam kandungan.

Unbreakable

Begitu sering mengalami patah tulang membuat Elijah dijuluki 'Mr Glass' oleh teman sekolahnya. Selain rajin mengoleksi berita tentang kecelakaan, ia seringkali sengaja membuat bencana, seperti meledakkan pesawat terbang, membakar hotel berbintang, dan mengacaukan mesin pengatur kereta api hingga keluar dari rel.

David Dunn (Bruce Willis) menjadi sahabat Elijah ketika ia menjadi satu-satunya orang yang selamat dari kecelakaan kereta api yang disengaja oleh Elijah. David selamat dan tidak terluka sedikitpun. Bagaimanakah kelanjutan kisah Elijah dan David yang kini berteman tapi memiliki kondisi tubuh sangat berbeda ini?

2. Shutter Island (2010)

Pada tahun 1954, dua tentara AS, Edward 'Teddy' Daniels (Leonardo DiCaprio) dan rekan barunya, Chuck Aule (Mark Ruffalo) pergi ke rumah sakit khusus tahanan sakit jiwa di pulau Shutter untuk menyelidiki hilangnya pasien bernama Rachel Solando (Emily Mortimer). Solando ditahan karena menenggelamkan ketiga anaknya.

Shutter Island

Saat di sana beberapa hari karena tak bisa pulang, Daniels merasa para staf dan dokter tidak bisa diajak bekerjasama untuk menemukan Solando. Ketika Daniels dan Aule melanjutkan investigasinya, mereka mengetahui bahwa Solando telah ditemukan tanpa penjelasan apapun.

Karena merasa staf maupun pasien tidak membantunya, Daniels memutuskan masuk Bangsal C dan bertemu George Noyce (Jackie Earle Haley), pasien lainnya. Noyce memperingatkan Daniels bahwa rumah sakit tempat mereka berada melaksanakan eksperimen aneh terhadap pasien-pasiennya dan mengirimkan pasien yang tidak dapat disembuhkan ke sebuah mercusuar.

3. Unknown (2011)

Film ini mengisahkan Dr. Martin Harris (Liam Neeson) yang kecelakaan dan koma saat hendak pergi berlibur ke Berlin bersama dengan istrinya, Elizabeth 'Liz' Harris (January Jones). Tersadar dari koma, Dr. Martin langsung mencari tahu tentang apa yang sebenarnya terjadi dengannya.

Unknown

Ia yang masih dalam keadaan sakit langsung kembali ke hotel untuk mengunjungi istrinya, Liz yang tak mengenalinya. Martin kemudian mencari bantuan untuk membuktikan jati dirinya dari mantan agen Stasi di Kementrian Hankam, Herr Jurgen (Bruno Ganz).

Martin hanya mempunyai bukti dari buku yang selalu ia bawa dan sopir taksi yang terlibat dalam kecelakaannya. Akankah Dr. Martin berhasil untuk membuktikan dirinya?

4. Escape Room (2019)

Menceritakan 6 orang dengan latar belakang berbeda, yang dikirimi kotak puzzle, tiket masuk Minos Escape Room dan berhadiah USD10.000. Keenam orang itu adalah Zoey (Taylor Russell), Ben (Logan Miller), Jason (Jay Ellis), Mike (Tyler Labine), Amanda (Deborah Ann Woll) , dan Danny (Nik Dodani) pemuda yang memang hobi bermain Escape Room.

Escape Room

Mereka dipertemukan di gedung Minos Escape Room Facility yang ternyata merupakan rintangan pertama escape room. Di setiap ruangan yang mereka lalui akan selalu ada hal yang familiar dengan masa lalu mereka. Rintangan demi rintangan dilewati, ternyata permainan ini harus mengorbankan nyawa para pemainnya satu persatu.

Setelah 2 orang mati karena rintangan yang mereka lewati, mereka akhirnya sadar bahwa mereka sedang dikontrol oleh seorang game master yang mengatur semuanya dan mengetahui latar belakang mereka masing-masing. Tujuan dari gamemaster yaitu untuk menemukan 1 orang pemenang dengan mengorbankan orang yang lain mati. Siapakah yang akan jadi pemenangnya?

5. Joker (2019)

Menceritakan asal mula musuh bebuyutan Batman, yaitu Joker yang memiliki nama Arthur Fleck (Joaquin Phoenix). Arthur bekerja sebagai badut pembawa papan iklan. Hidup Arthur sangatlah kacau balau, karena ia menderita kelainan otak yang membuat ia dapat tertawa di waktu yang tidak tepat. Arthur yang tinggal dengan ibunya sering mengunjungi pekerja pelayanan sosial untuk berobat dan melakukan konsultasi jiwa dengan seorang psikiater.

Joker

Suatu hari, saat Arthur sedang bekerja, papan iklan Arthur diambil paksa oleh segerombolan anak jalanan yang kemudian mengeroyokinya di sebuah lorong. Usai kejadian tersebut, rekan pekerjanya memberikan sebuah pistol sebagai alat perlindungan. Namun kesalahan dilakukan Arthur saat menjadi badut di rumah sakit anak-anak, pistol yang ia bawa tiba-tiba keluar dari celananya dan membuatnya dipecat.

Dalam perjalanan pulang menggunakan kereta bawah tanah, Arthur diganggu oleh tiga pebisnis muda Wall Street. Emosi, akhirnya Arthur menembak ketiga orang tersebut dengan pistolnya. Setelah membunuh, anehnya ia merasa lega dan tenang. Bagaimanakah kelanjutan cerita Arthur Fleck alias Joker?

1
4
BERITA FOTO
+ 3

Silaturahmi AHY dan Puan Maharani Bahas Pilkada 2020 dan Penanganan Covid-19

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Ketua DPR Puan Maharani di ruang kerjanya di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 6 Agustus 2020.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini