Dari Ruang Isolasi, Amitabh Bachchan Curhat COVID-19 Pengaruhi Mental Pasien

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 33 2253859 dari-ruang-isolasi-amitabh-bachchan-curhat-covid-19-pengaruhi-kondisi-mental-pasien-HdnzJeCfeO.jpg Amitabh Bachchan (Foto: Reuters)

MUMBAI - Amitabh Bachchan hingga saat ini masih dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Nanavati di Mumbai, India bersama sang putra, Abhishek Bachchan. Bapak dan anak ini dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Dari kamar isolasi, baru-baru ini Amitabh mencurahkan isi hatinya tentang bagaimana COVID-19 mempengaruhi kondisi mental pasien. Cerita itu ia tuliskan di blog pribadinya.

Amitabh Bachchan

Mengutip NDTV, Rabu (29/7/2020), ayah mertua Aishwarya Rai ini mengisahkan bagaimana rasanya diisolasi dan tidak bertemu manusia lainnya selama berminggu-minggu. Amitabh mengaku berusaha menghibur dirinya sendiri, mengusir rasa sepi dengan bernyanyi.

Baca Juga:

- Tangis Bahagia Amitabh Bachchan Dengar Aishwarya Rai Negatif Covid-19

- Rizky Billar Dapat Lampu Hijau Orangtua untuk Menikahi Lesty

“Dalam kegelapan malam dan menggigil karena ruangan yang dingin, aku bernyanyi dengan mata tertutup berusaha untuk bisa tidur. Tidak ada seorang pun di sekitarku, tidak ada juga kebebasan untuk memiliki orang yang bisa menemani,” tulis aktor 77 tahun tersebut mengawali curhatannya.

Dalam curhatannya, Amitabh meng-highlight ada faktor penting yang kadang terlewatkan oleh banyak orang, yaitu perihal bagaimana virus ini nyatanya berdampak pada kondisi kesehatan mental pasien.

“Ada satu catatan yang tampaknya sepele tetapi merupakan faktor penting, kondisi mental dan efek dari penyakit. Secara klinis atau medis semua yang diketahui efektif, namun kondisi mental tetap tersembunyi dan tidak kelihatan," kata Amitabh.

"Kondisi kesehatan mental ini muncul dari kenyataan, bahwa pasien COVID-19 dimasukkan ke ruang isolasi di rumah sakit dan tidak pernah melihat manusia lainnya selama berminggu-minggu," pungkasnya.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini