Nyaris Bangkrut, Amitabh Bachchan Terlilit Utang Rp1,74 Triliun

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Minggu 18 Juli 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 33 2442538 nyaris-bangkrut-amitabh-bachchan-terlilit-utang-rp1-74-triliun-vjhMawVWKV.jpg Amitabh Bachchan terlilit utang triliunan rupiah yang membuatnya nyaris bangkrut pada 1999. (Foto: Instagram/@amitabhbachchan)

MUMBAI - Pada 2020, situs Celebrity Net Worth mengklaim, Amitabh Bachchan memiliki kekayaan mencapai USD400 juta atau sekitar Rp5,78 triliun. Namun tak banyak tahu, dia nyaris bangkrut pada 1999. 

Hal itu dipicu rugi besar yang dialami perusahaan miliknya, Amitabh Bachchan Corporation Ltd. Kerugian itu, menurut dia, membuatnya berutang lebih dari Rs9 miliar atau setara dengan Rp1,74 triliun. 

Amitabh Bachchan sempat terlilit utang triliunan rupiah. (Foto: Instagram/@amitabhbachchan)

"Aku tak akan bisa melupakan bagaimana debt collector menunggu di depan pintu rumahku. Tak jarang mereka melontarkan kalimat makian dan ancaman," ujarnya seperti dikutip dari Mail Today, pada Minggu (18/7/2022). 

Bachchan mengaku, itu adalah momen terburuk dalam 44 tahun perjalanan kariernya. Dia kemudian mengambil waktu untuk duduk dan merenung, hingga akhirnya mendapat solusi yang dirasanya baik. 

"Aku kemudian mendatangi Yashji (filmmaker Yash Raj Chopra) yang rumahnya kebetulan berada di belakang rumahku. Aku meminta pekerjaan padanya dan saat itulah dia mengajakku membintangi Mohabbatein," ungkapnya. 

Baca juga: Romansa Amitabh Bachchan dan Rekha: Kisah Perselingkuhan Legendaris Bollywood

Film yang dirilis pada 27 Oktober 2000 itu menuai sukses besar di pasaran. Di India, Mohabbatein meraup keuntungan sebesar Rs706,2 juta (Rp137,2 miliar). Sementara di pasar internasional, film itu mengantongi keuntungan USD4,2 juta (Rp60,86 miliar). 

Mohabbatein, film yang membawa Amitabh Bachchan keluar dari lilitan utang.

Dari sini, Amitabh Bachchan menemukan kembali jalan kesuksesannya dan berhasil membayar semua utang-utangnya. Meski usianya sudah menyentuh 78 tahun, namun dia tetap tercatat sebagai salah satu aktor terlaris di Bollywood.*

Baca juga: Suami Pangku Mesra Perempuan Lain, Aktris Choo Ja Hyun Buka Suara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini