Festival Film Indonesia 2020 Hadir di Masa New Normal

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 206 2231614 festival-film-indonesia-2020-hadir-di-masa-new-normal-sMdAhP8D0r.jpg Festival Film Indonesia 2020 (Foto: IG FFI 2020)

JAKARTA - Festival Film Indonesia (FFI) akan tetap hadir di tahun 2020. Memasuki tahun ke-40 penyelenggaraan, tantangannya tahun ini adalah menyelenggarakan rangkaian kegiatan di tengah situasi pandemi saat new normal berlangsung.

“Sangat penting tetap mengadakan Festival Film Indonesia (FFI) karena justru pada saat seperti ini kita tidak boleh berhenti berkarya,” jelas Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI 2020 dari rilis yang diterima Okezone pada Rabu (17/6/2020).

Baca Juga:

Shah Rukh Khan Apresiasi Dedikasi Piala Citra Muhammad Khan

Pertama Kali Raih Piala FFI, Garin Nugroho: Penghargaan Lokal Luar Biasa

Penampilan Apik Lukman Sardi dan Prisia Nasution dalam Pertunjukan Teater Nyanyi Sunyi Revolusi


FFI tahun ini disesuaikan dengan situasi sekarang dengan banyak bicara tentang empat pilar: rendah hati, berkarya, kolaborasi, inklusif. Empat pilar tersebut akan selalu menjadi pegangan melaksanakan program-program utama maupun tambahan FFI 2020.

Peluncuran telah dilaksanakan pada 14 Juni dalam acara silaturahmi virtual pekerja seni, budaya dan film. Malam Nominasi dan Malam Anugerah sedang dalam proses persiapan dengan memperhatikan perkembangan keadaan menghadapi pandemi.

Kegiatan seleksi dan penjurian sebagai salah satu elemen terpenting dalam festival sudah mulai berbenah dan menyesuaikan diri. Tahun ini, Nia Dinata berperan sebagai Komite Penjurian dan Seleksi.

Untuk dasar penilaian utama di tahap seleksi masih berpegang teguh pada kualitas teknis dan estetika. Berikutnya adalah profesionalisme kerja yang tercermin dari filmnya sendiri dan orisinalitas cerita.

Selain itu, Nia menegaskan bahwa film yang menjunjung tinggi nilai keberagaman dan kemanusiaan yang setara akan terpilih.

Baca Juga:

Nabilla Aprillya, Mantan Kekasih Atta Halilintar Lapor Polisi, Ada Apa?

Cari Pria Mapan, Ranty Maria Siap Menikah Muda

Bung Hatta Pahlawan Favorit Lukman Sardi

“Kami juga masih mengusung keberagaman, film-film yang akan terseleksi ada perspektif keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika," kata Nia.

Setelah puluhan film diseleksi dan dikerucutkan menjadi daftar pendek, film-film terpilih ini kemudian akan ditonton oleh asosiasi profesi untuk kemudian dirumuskan menjadi daftar nominasi. Setelahnya, pemilihan pemenang akan dilakukan melalui sistem voting oleh Member FFI yang mengkonfirmasikan diri untuk ikut voting tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini