Menang Emmy Awards 2019, Michelle Williams Singgung Kesetaraan Upah

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 23 September 2019 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 23 33 2108244 menang-emmy-awards-2019-michelle-williams-singgung-kesetaraan-upah-SG3eCiY8ly.jpg Michelle Williams (Foto: YouTube/Fox)

LOS ANGELES - Michelle Williams meraih penghargaan Emmy Awards untuk perannya sebagai Gwen Verdon di serial Fosse/Verdon. Di tengah ungkapan kebahagiaannya, aktris 39 tahun ini menyinggung soal kesetaraan upah di industri Hollywood.

Baca Juga: HBO Raih Trofi Mini Seri Terbaik Emmy Awards 2019 Lewat Chernobyl

Mengawali pidatonya, Michelle Williams mengatakan jika kemenangan ini dianggapnya sebagai bentuk pengakuan publik atas apa yang telah ia lakukan. Pemilik nama lengkap Michelle Ingrid Williams tersebut juga merasa capaiannya ini tak lepas dari kepercayaan yang diberikan rekan kerjanya di lokasi syuting.

Michelle Williams

"Aku menganggap ini sebagai sebuah pengakuan tentang apa yang bisa didapat ketika seorang wanita dipercaya dan merasa cukup dalam menyuarakan kebutuhannya dan didengar," ujarnya seperti dikutip Variety pada Senin (23/9/2019).

“Bosku tidak pernah bersikap seolah dia lebih tahu dari yang kulakukan soal apa yang kubutuhkan dalam melakukan pekerjaanku dan menghormati Gwen Verdon,” lanjutnya.

Michelle Williams

Lebih jauh, Michelle menyinggung soal kesenjangan upah antara pekerja perempuan dan laki-laki di industri Hollywood. Ia berharap, ke depannya, pekerja perempuan juga akan mendapat gaji setara dengan kaum laki-laki.

"Lain kali, ketika seorang perempuan -terutama wanita kulit hitam, karena dia bekerja untuk mendapat 52 sen Dollar dibanding teman pria kulit putihnya- mengatakan apa yang dibutuhkannya untuk bekerja, dengarkan dia, percayai dia. Suatu hari mungkin dia akan berdiri di depanmu dan berterima kasih karena membantunya sukses karena lingkungan kerjanya," tutur Michelle.

Michelle Williams

Michelle menyadari apa yang dikatakannya tak akan langsung membuat perubahan dalam hal kesenjangan upah pekerja perempuan dan laki-laki. Karena itu, ia tak akan berhenti sampai aspirasinya didengar.

"Tak akan ada yang benar-benar memuaskanku sampai pesan yang lebih besar lagi didengar. Itulah yang ingin kutunjukkan malam ini," katanya di belakang panggung.

Pidato Michelle Williams tersebut hadir setelah adanya gerakan #NotWorthLess minggu lalu. Gerakan ini merupakan curahan hati pekerja industri hiburan Hollywood, terutama kaum wanita yang merasa adanya ketimpangan dalam masalah upah.

Baca Juga: Diperkosa Genderuwo 6 Kali, Bebby Fey Akui Lebih Nikmat Daripada YouTuber

Penulis skenario Adele Lim memicu gerakan itu setelah dia keluar dari proyek sekuel Crazy Rich Asians, sebagai bentuk protesnya karena dibayar lebih rendah dari rekan penulis prianya.

1
3
BERITA FOTO
+ 13

Ini Dia Para Pemenang International Emmy Awards 2017

Pemeran dan kru "Don't Leave Me" berpose dengan penghargaan untuk kategori TV Movie/Mini-Series pada ajang International Emmy Awards di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Senin (20/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Andrew Kelly)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini