nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ular Raksasa Mati di Karhutla Diduga Siluman, Lucky Hakim Tidak Percaya

Hana Futari, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 09:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 23 33 2108133 ular-raksasa-mati-di-karhutla-diduga-siluman-lucky-hakim-tidak-percaya-zjzCc2rq0a.jpg Lucky Hakim (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Ular berukuran besar yang ditemukan mati terbakar di Kalimantan disebut-sebut sebagai hewan legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Hewan melata itu sendiri disebut dengan istilah Tangkalaluk atau piton raja ular rimba belantara Dayak, Kalimantan.

Mengenai ular yang disebut binatang legenda tesebut, Lucky Hakim, aktor sekaligus pecinta reptil pun tak mempercayai hal tersebut. Mengingat ular berukuran besar memang sebenarnya ada dan mendiami hutan di Indonesia.

“Ular besar itu memang ada, jadi bukan karena dia siluman atau gimana. Malahan kalau legenda, enggak bakal mati dong ularnya,” ujar Lucky Hakim kepada Okezone melalui sambungan telepon, Senin 23 September 2019.

Baca juga: Viral Ular Raksasa Mati di Kebakaran Hutan, Lucky Hakim: Penyebabnya Asap

Ular Piton

Menurut Lucky, penyebutan ular jenis piton itu sebagai legenda lantaran menghindari agar masyarakat sekitar atau pendatang tak mengganggu hewan melata tersebut.

“Penyebutan-penyebutan itu saya rasa bagian dari simbolisasi apresiasi mereka dikeramatkan agar tidak diganggu. Misalnya, harimau dianggap Datuk ya biar enggak diganggu, ular disebut Nyai ya biar enggak diganggu,” lanjutnya.

Baca juga: Arie Untung dan Kontroversi Terompet Sangkakala

Lucky Hakim

Lucky sendiri melihat sosok ular besar tersebut dari segi ilmiah. Bisa jadi ular tersebut memang belum pernah diketahui lantaran tidak tercatat identitasnya oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Ya kalau lah dia ular langka yang sampai saat ini tidak tampak di permukaan karena hidup di dalam hutan yang lebat. Makhluk-makhluk yang sampai tidak tercatat oleh BKSDA, setiap bulan kan ada penemuan-penemuan baru karena saking lebatnya hutan kita. Dugaan saya itu ular jenis reticulatus phyton (ular sanca),” kata pemain film Malam Seribu Bulan itu.

 

Sementara itu, Lucky Hakim sendiri masih menilai wajar ukuran ular yang disebut raksasa itu. Menurutnya, ular yang memang hidup di habitat aslinya lebih berpeluang untuk memiliki bentuk badan hingga panjang yang lebih besar.

“Kalau ular replik besar dinilai siluman atau titisan para dewa, ya silakan saja. Tapi ular replik sejatinya memang bisa lebih panjang dari 10 meter. Cuma saat ini kan baru panjang 7 meter sudah mati karena dilihat manusia lalu dibunuh, mungkin ini yang selamat di dalam hutan bisa sampai 10 meteran,” tutup Lucky Hakim.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Lucky Hakim Telah Mantap untuk Nikahi Tiara Dewi Bulan Desember

Lucky Hakim saat berbincang dengan Okezone dalam kunjungan ke Kantor Redaksi Okezone, Gedung MNC News Center, Jakarta, belum lama ini. Lucky Hakim telah mantap untuk menikahi kekasihnya, Tiara Dewi pada bulan Desember 2016.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini