nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kontroversi KPI dan Sanksi Teguran untuk 12 Program TV

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 12:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 17 598 2105841 kontroversi-kpi-dan-sanksi-teguran-untuk-12-program-tv-VcVYeTvY42.jpg Film Gundala Joko Anwar Kena Tegur KPI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menuai pro dan kontra setelah melayangkan sanksi kepada 12 program televisi. Salah satu di antaranya adalah film The Spongebob Squarepants Movie yang ditayangkan GTV pada 22 Agustus 2019.

Film Gundala juga masuk satu di antara sekian nama yang ditulis oleh KPI. Gundala dinilai kasar karena memasukkan kata 'bangsat' di dalam konten promosinya di televisi.

 kpi

Baca Juga: Joko Anwar Sesalkan Kinerja Buruk KPI

Joko Anwar selaku sutradara Gundala lantas memberikan pandangannya terhadap kinerja KPI. Dalam cuitannya di Twitter, Joko sempat meramaikan tagar #BubarkanKPI serta mengunggah pengertian kata 'bangsat' dari Kamus Bahasa Indonesia.

KPI pun berkomentar mengenai kicauan sang sutradara. Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, menyebut Joko Anwar harusnya bisa melihat konteks kata 'bangsat' dalam dialog Gundala itu bukan makna sebenarnya seperti yang tertulis di dalam kamus.

Baca Juga: Video Streaming Semakin Populer, Yuliandre Darwis Ungkap Pentingnya Regulasi Media Baru

 joko anwar

"Banyak artinya, tapi orang pakai kata dilihat konteksnya, karena kalau digigit 'bangsat' itu kan konteksnya ke sana. Tapi kalau diucapkan dalam intonasi tertentu, itu dikenal publik sebagai kata umpatan, masuk dalam kategori kasar. Jangan ambil dari kamus, karena kalau dari sana itu netral," tuturnya.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Joko Anwar mengaku tidak begitu mempermasalahkan KPI yang menegur konten promosi filmnya. Ia justru menyayangkan sikap KPI yang menjatuhkan sanksi terhadap The Spongebob Squarepants Movie.

Mulyo Hadi Purnomo, dalam hal ini mengatakan dalam rilisnya bahwa ada banyak jenis pelanggaran yang ditemukan dari film animasi tersebut.

Baca Juga:  Gaya Nikita Mirzani saat Joget, Tak Pakai Bra hingga Hanya Kenakan Bikini

Pertama, aksi kekerasan yang digambarkan lewat seekor kelinci yang memukul wajah kelinci lain dengan papan, menjatuhkan bola bowling dan mengenai kepala, melayangkan palu ke wajah, serta memukul pot kaktus dengan raket ke arah wajah.

 

Pelanggaran kedua adalah adanya adegan melempar kue tar ke muka dan memukul dengan menggunakan kayu.

1
3
BERITA FOTO
+ 4

Gelar Kampanye di Tangsel, PKPI Yakin Tembus Parliamentary Threshold

Ketua Umum PKPI, Diaz Hendropriyo bersama para kader Saat menggelar kampanye terbuka di Lapangan Alap-Alap, Tangerang Selatan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini