nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Joko Anwar Sesalkan Kinerja Buruk KPI

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 16 September 2019 20:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 598 2105615 joko-anwar-sesalkan-kinerja-buruk-kpi-O3mRT4Ha6A.jpg Joko Anwar (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sedang menjadi sorotan publik karena memberikan teguran kepada 14 Program Televisi yang ada termasuk film kartun Spongebob Squarepants. Lewat akun Twitternya, Joko Anwar bahkan memberikan tagar #BubarkanKPI sehingga menjadi semakin ramai.

Film Gundala bahkan terkena semprot karena dalam salah satu promonya menyebutkan kata 'bangsat' di dalamnya. Namun Joko menegaskan bahwa tindakan menuliskan #BubarkanKPI bukan semata karena filmnya diusik.

Baca Juga:

Joko Anwar Ingin Gundala Dinikmati Semua Umur

Beda dari Cerita Asli, Begini Sinopsis Gundala Versi Joko Anwar

KPI


"Oh saya sih bukan mempermasalahkan promo Gundala yang kena sanksi KPI ya. Tapi ada program-program kayak Spongebob gitu kena sanksi. Menurut saya kalau sampai ada satu lembaga yang bisa memberi statement bahwa tayangan seperti Spongebob itu adalah tayangan yang melanggar norma-norma itu menurut saya lembaga tersebut tidak usah dipercaya ketika mereka menilai apa pun di dunia ini karena sudah enggak make sense," urainya.

Bagi Joko Anwar, KPI sebagai lembaga pengawas penyiaran harus bersikap lebih adil dalam menilai konten-konten yang beredar di televisi Indonesia. Film kartun Spongebob Squarepants secara mengejutkan terkena teguran meski kontennya selama ini adalah tontonan yang baik bagi anak-anak.

Dengan adanya pelarangan dalam berbagai tayangan, Joko Anwar menilai bahwa pemerintah sudah gagal dalam memberdayakan masyarakatnya. Masyarakat yang baik justru akan melakukan filter sendiri apa yang baik dan tidak baik untuk ditonton.

Baca Juga:

Hasil Tes DNA Negatif, Bopak Castello Ingin Putri Mayangsari Minta Maaf

Sebelum Disiksa Suami, Tiga Setia Gara Rayakan Ulang Tahun Pernikahan 

Joko Anwar


"Karena kalau masih ada lembaga yang mengatakan ini boleh ditonton, ini enggak boleh ditonton, berarti masyarakat Indonesia masih dianggap sebagai masyarakat yang bodoh karena tidak bisa menilai apa yang patut untuk mereka tonton atau oleh keluarga atau anak mereka," tegas Joko Anwar.

1
2
BERITA FOTO
+ 10

Potret Cantik & Seksinya Siva Aprilia yang bikin Cowok-Cowok Ogah Berkedip

Selain cantik, Siva memiliki tubuh seksi. (Foto: Instagram @sivaapriliareal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini