nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenangan Dian Sastro Bertemu 'Eyang Naryo', Tokoh Pergerakan Indonesia

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 11:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 16 33 2092904 kenangan-dian-sastro-bertemu-eyang-naryo-tokoh-pergerakan-indonesia-ITJYodZk6O.jpg Dian Sastrowardoyo (Foto: Instagram/@therealdisastr)

JAKARTA – Dian Sastrowardoyo menjadi satu dari beberapa selebriti Tanah Air yang mempunyai garis keturunan pahlawan Indonesia. Dia adalah keluarga Profesor Mr. Sunario Sastrowardoyo, tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia di tahun 1920an.

Baca Juga: Kerja di Balik Layar, Dian Sastrowardoyo Temukan Banyak Tantangan

Dalam sebuah foto yang diunggah Dian Sastrowardoyo di Instagram, bintang Ada Apa Dengan Cinta itu menyandingkan potretnya yang memakai baju tradisional perempuan Jawa dengan foto hitam putih Sunario. Dian menceritakan hubungan keluarga dengan sang pahlawan Indonesia tersebut.

Dian Sastrowardoyo

“Beliau adalah kakak dari eyang kakung saya, dr. Soemarsono Sastrowardoyo,” tulis Dian mengawali caption pada foto yang diunggah bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun 2016.

Dian kemudian mencoba mengingat bagaimana ia pernah bertemu sosok yang akrab disapanya dengan sebutan Eyang Nario itu. Tidak banyak cerita yang bisa diingat lawan main Nicholas Saputra ini, lantaran usianya saat itu masih kecil.

Dian sebagai Cinta di AADC

“Saya berusia 5 tahun saat bertemu, sementara beliau sudah terlihat tua sekali. (Itu karena) eyang kakung saya adalah adik ke-11 darinya (Mr. Sunario Sastrowardoyo). Jadi beda usianya jauh sekali,” kisah Dian.

Walaupun pertemuan itu terjadi saat usia Dian Sastro masih kecil, namun lewat literatur sejarah, ia bisa banyak mengambil pelajaran dari sang eyang. Terutama dalam hal semangat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa penjajahan.

Dian Sastrowardoyo

“Bangga dan terinspirasi sekali punya eyang seperti beliau. Perjuangan kaum muda di zaman mereka, membuat saya juga ingin meneruskannya (saat ini). Ayo kawan, mari jadi bangsa Indonesia yang lebih baik, lebih maju, lebih positif,” tutur Dian.

Dian

Apa yang diimpikan Dian sebagai generasi masa kini untuk Indonesia dibuktikannya dalam berbagai aktivitas positif. Selain sukses di bidang akting, aktris lulusan Magister Manajemen Keuangan UI ini juga aktif sebagai pembicara. Teranyar, Dian berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam diskusi kebangsaan yang digelar oleh salah satu online shop.

Sedikit mengulas tentang sosok Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo, pahlawan yang wafat di usia 94 tahun ini punya peran penting dalam membangkitkan semangat anak muda di zamannya untuk berjuang melawan penjajah. Sunario menjadi salah satu tokoh kunci dalam Manifesto Politik 1923 Perhimpunan Indonesia.

Sunario bersama Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Sukiman Wiryosanjoyo dan beberapa anggota lainnya menyatakan pernyataan politik mereka. Satu di antara empat isi Manifesto Politik adalah berjuang demi kemerdekaan tanpa bekerjasama dengan Belanda.

Baca Juga: Lucunya Anak Sharena Delon, Baru 10 Bulan Sudah Jago Berenang

Selain menjadi bagian dari Perhimpunan Indonesia, Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo juga menjadi penasihat panitia Kongres Pemuda II tahun 1928. Hasil dari kongres ini yang melahirkan Sumpah Pemuda.

1
3
BERITA FOTO
+ 5

Si Cantik Dian Sastro Hadiri IdeaFest 2018 di JCC Senayan

Publik Figur Dian Sastrowardoyo bersama Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk sekaligus Juri SATU Indonesia Awards 2018 Boy Kelana Soebroto, Irwan Bajang si Penular Virus Menulis yang menerima SATU Indonesia Awards 2014 dan Amilia Agustin si Ratu Sampah Sekolah sekaligus penerima SATU Indonesia Awards 2010 saat acara IdeaFest 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat 26 Oktober 2018.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini