Keluarga Asri Welas Pegang Kode Rahasia Pangeran Diponegoro

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 18 33 2093433 keluarga-asri-welas-pegang-kode-rahasia-pangeran-diponegoro-foPB3iZFF0.jpg Asri Welas (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Tidak terbersit di benak Asri Welas sebelumnya bahwa darah Pangeran Diponegoro masih mengalir di nadinya. Sempat tidak percaya, sejumlah bukti akhirnya menunjukkan bahwa Asri keturunan ketujuh putra sulung Sultan Hamengkubuwono III itu.

“Nama ibu, bude, eyang, semua diurut. Ternyata benar, aku keturunan ketujuhnya,” kata Asri Welas.

Tak berhenti sampai di situ, Asri ditunjukkan bukti lain tentang statusnya sebagai cucu Pangeran Diponegoro. Keluarga besar Asri memegang kode rahasia berupa pohon jalar yang menandakan bahwa mereka keturunan Diponegoro.

Baca juga: Sempat Tak Percaya, Ternyata Asri Welas Keturunan Pangeran Diponegoro

“Dulu Diponegoro itu nyebrang ke Sumatera. Cucunya dipesankan untuk menanam pohon jalar di depan rumah. Kodenya itu,” jelas Asri Welas.

Asri Welas  

Menurut cerita Asri, pohon tersebut dijadikan simbol bagi sesama keturunan Pangeran Diponegoro sejak zaman perang. Sebab pada saat itu, mereka yang kedapatan masih memiliki ikatan dengan Diponegoro akan dibunuh.

Baca juga: Jadi Model Video Klip, Agnez Mo Dianggap Tak Cerminkan Budaya Indonesia

Asri Welas

“Dulu Diponegoro bilang jangan mengaku sebagai anak atau cucunya karena dia enggak mau keturunannya putus. Itu saja. Kalau sudah aman, baru cari saudara. Makanya tanda kalau kita saudara itu harus ada pohon itu. Di rumah eyangku ada,” kisahnya.

Asri Welas sendiri bukan satu-satunya artis yang masih memiliki garis keturunan Pangeran Diponegoro. Diketahui dari keterangan Asri, darah Diponegoro ternyata juga mengalir dalam nadi Wanda Hamidah dan Vina Panduwinata.

“Kaget juga kalau kita ternyata saudara,” tutur sang aktris.

1
3
BERITA FOTO
+ 11

IFW 2017: Sederet Artis Tanah Air Pamerkan Busana House Of Asri Welas

Artis tanah air saat memperagakan busana koleksi Asri Welas pada tema House Of Asri Welas pada ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Jakarta, Minggu (5/2/2017). Melestarikan kebudayaan Indonesia, Hal itu yang membuat mantan model, Asri Welas menuturkan busana-busana batik Indonesia dengan tema "House Of Asri Welas".

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini