Nia Dinata Ungkap Warisan dari Buyutnya, Otto Iskandardinata

Rena Pangesti, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 23:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 18 33 2093585 nia-dinata-ungkap-warisan-dari-buyutnya-otto-iskandardinata-hC36hIr87M.jpg Nia Dinata (Foto: Instagram @Nia Dinata)

JAKARTA - Nia Dinata, cicit dari pahlawan Indonesia, Otto Iskandardinata pernah mengungkapkan warisan yang diberikan dari sang kakek buyut.

Warisan yang dimaksud adalah pesan dari Otto Iskandardinata untuk mencintai tiga ibu dalam kehidupan seseorang. Hal itulah yang kemudian tertuang dalam postingan Nia Dinata di Instagram.

Baca Juga: Cara Nia Dinata Mengenal Kakek Buyutnya, Otto Iskandardinata si Jalak Harupat

 artis berdarah pahlawan

"Ibu yang pertama adalah ibumu sendiri, bukankah dia orang yang (telah) mengandungmu sampai mengasuhmu dari kecil hingga besar?" ujar Otto dalam kutipan pesan yang diunggah Nia pada Februari 2014.

Selain ibu yang melahirkan, Otto Iskandardinata juga menjelaskan jika seseorang juga harus mencintai istrinya, ibu dari anak-anak yang dilahirkan oleh perempuan tersebut.

"Janganlah kalian menyakiti ibu anak-anakmu," lanjut kutipan Otto.

Terakhir, ibu yang juga harus dicintai adalah Ibu Pertiwi alias negara Indonesia. "Kalau Ibu Pertiwi memanggilmu untuk berbakti, kalian harus tanpa ragu memenuhinya. Sebab kalian adalah putra dan putri Ibu Pertiwi," paparnya.

Baca Juga: Gara-gara Jokowi, Nia Dinata Batal Golput

Dalam silsilah keluarga, Otto Iskandar yang menikah dengan R.A Soekirah melahirkan 12 anak. Satu diantara anak Otto Iskandar adalah orangtua dari Dicky Iskandardinata, ayah dari Nia Dinata.

 artis berdarah pahlawan

Sayangnya, Nia Dinata tidak sempat bertemu langsung dengan kakek buyutnya. Lantaran pria yang mendapat julukan si Jalak Harupat (pemberani) itu meninggal sebelum Nia lahir pada 4 Maret 1969.

Otto Iskandardinata dinyatakan hilang pada Desember 1945. Menurut kabar yang beredar, dia dibunuh oleh Laskar Hitam di pantai Mauk, Tangerang Banten.

Mayatnya tidak ditemukan kemudian diganti oleh oleh pasir dan air yang diambil dari pantai saat prosesi peti pemakaman pada 21 Desember 1952.

Sebagai tanda penghormatan, gambar Otto Iskandardinata muncul pada uang Rp20.000 untuk seri 2004-2006.

Selain itu, namanya banyak digunakan sebagai nama jalan di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga: Metallica Mainkan Lagu Indonesia Raya di Amerika?

Bagi Anda yang belum mengenal sosok Otto Iskandardinata, dia adalah pahlawan Indonesia di bidang pendidikan.

 

Ia menjadi guru di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Bandung tahun 1920. Di mana pada masa tersebut, penjajah tengah menguasai Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini