nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta di Balik Teror Film Makmum

Hana Futari, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 10:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 16 33 2092628 4-fakta-di-balik-teror-film-makmum-PTETPf2dkp.jpg Film Makmum. (Foto: MD Pictures)

JAKARTA – Film Makmum memulai debutnya di bioskop Tanah Air sejak 15 Agustus 2019. Film garapan Hadrah Ratu Daeng itu bertutur tentang gangguan makhluk halus saat seseorang tengah salat.

Menariknya, makhluk tak kasat mata itu mengikuti gerakan dan suara takbir saat salat layaknya makmum. Namun di balik teror hantu tersebut, ternyata ada empat fakta menarik di balik penggarapan film Makmum.

Diangkat dari Film Pendek

Film Makmum diadaptasi dari film pendek berjudul serupa garapan sutradara Riza Pahlevi. Dari film pendek yang hanya berdurasi 7 menit, versi layar lebar ini diperpanjang menjadi 90 menit.

Film Makmum diangkat dari film pendek berudari 7 menit karya Riza Pahlevi. (Foto: HRV Production)

Riza pun sempat merasa ragu ketika film pendek itu ditawari untuk digarap menjadi layar lebar. Dia mengungkapkan, tak mudah untuk memperpanjang durasi sebuah film.

“Pilihannya, garap dari awal atau malah membuat sesuatu yang benar-benar baru. Untuk versi layar lebar ini, kami menulis skenario berdasarkan roh dari film pendek. Tapi tetap ada improvisasi,” katanya.

Baca juga: Sutradara Makmum Terharu Filmnya Bikin Orang Ketakutan 

Film Horor Perdana Titi Kamal

Film Makmum merupakan debut Titi Kamal dalam film horor. Dalam film itu, dia berperan sebagai Rini,  perias jenazah yang mendapat panggilan dari suatu asrama.

Titi Kamal menjajali film horor perdananya lewat Makmum. (Foto: Okezone) 

Istri Christian Sugiono itu mengaku menerima tawaran bermain dalam Makmum karena merasa tertantang. “Banyak banget tantangannya. Pertama, karena tentu ini genre baru untuk aku. Kedua, soal karakter yang diperankan.

“Kalau biasanya aku berperan sebagai perempuan yang pecicilan, sekarang beda. Karakterku dalam film ini serius. Tapi sebagai aktor harus bisa berubah sesuai karakter,” ujar ibu dua anak tersebut.

Teror Makmum Tersebar ke Negara Tetangga

Tak hanya Indonesia, film Makmum juga tayang serentak di tiga negara tetangga: Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Riza mengungkapkan, kedekatan budaya dan unsur spiritualitas menjadi alasan kenapa film tersebut ditayangkan di negara tetangga.

 

Baca juga: Makin Sayang, Ruben Onsu Kunjungi Rumah Betrand Peto di NTT

Kejadian Mistis Menyerang Pemain

Kejadian mistis turut dirasakan para bintang film Makmum saat menjalani proses syuting. Suasana mistis begitu terasa karena lokasi syuting yang dipakai merupakan bangunan bekas rumah sakit paru di kawasan Cianjur, Jawa Barat.

Poster Film Makmum. (Foto: MD Pictures)

Bianca Hello mengaku, sempat mendengar suara seseorang yang tengah bernapas. Kejadian serupa juga dialami asisten bintang Makmum lainnya, Tissa Biani. “Di basecamp, ada asisten Tissa Biani lagi salat. Terus ada suara mendesah gitu.”

1
4
BERITA FOTO
+ 6

Ketika 3 Pemain Film Horor Kutuk Mampir ke Kantor Redaksi Okezone

Tiga pemain film Kutuk; Shandy Aulia, Bryan Mckenzie, dan Vitta Mariana, saat media visit ke Kantor Redaksi Okezone.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini