nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Cinta Pramoedya Ananta Toer, Kepincut Wanita Penjaga Stand

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 33 2089999 kisah-cinta-pramoedya-ananta-toer-kepincut-wanita-penjaga-stand-U1QjEkgf2x.jpeg Ilustrasi Pramoedya Ananta Toer (Foto: Feri/Okezone)

JAKARTA - Sastrawan Pramoedya Ananta Toer memiliki kisah cinta yang menarik untuk diulas. Terlebih mengenai kisah cintanya dengan sang istri, Maemunah Thamrin.

Perkenalan Pram dengan Maemunah Thamrin berawal dari sebuah pameran buku pertama di Indonesia. Pram yang tak memiliki uang sepeserpun nekat untuk mendatangi sebuah pameran buku.

Di momen tersebutlah, Pram melihat seorang wanita yang mampu memikat hatinya. Wanita tersebut merupakan seoang penjaga stand pameran.

Baca Juga:

Sudah Tak Sayang, Ali Syakieb Santai Soal Perjodohan Citra Kirana dan Rezki Aditya

Lewat Surat Perpisahan Menyentuh, Uki Pamit dari Band NOAH

Pramoedya Ananta Toer


Dia pun memberanikan diri untuk berkenalan dengan wanita yang tak lain adalah Maemunah Thamrin. Hubungan Pram dan Maemunah pun berlanjut hingga pernikahan.

Maemunah begitu setia mendampingi Pram meskipun sang suami tiga kali dipenjara. Saat berada di tahanan, Pram pun kerap menyurati istri tercinta.

Saat peluncuran poster film Bumi Manusia yang diadaptasi dari salah satu karya Pramoedya Ananta Toer, sang cucu, Angga Okta Rahman pun hadir. Di kesempatan tersebut, Angga membacakan surat yang ditulis Pram untuk eyang putrinya.

Surat tersebut ditulis Pram saat dirinya menjalani penahanan di Pulau Buru, Maluku. Lewat surat tersebut dapat dilihat Pram merupakan seorang suami dan ayah yang begitu mencintai anak dan istrinya.

"Hari ini aku teringat kirimanmu berupa satu celana, satu selimut, satu anduk, dua stel pakaian dalam, dua handuk kecil, benang, jarum, vitamin, dan obat-obatan. Hari ini aku teringat kirimanmu berupa satu celana, satu selimut, satu anduk, dua stel pakaian dalam, dua handuk kecil, benang, jarum, vitamin, dan obat-obatan," bunyi awal surat tersebut.

Baca Juga:

Nikita Mirzani Pamer Foto Berbikini, Netizen: Akal Sehatnya Hilang

Jennifer Dunn Unggah Foto Bareng Suami, Netizen Nyinyir

Pramoedya Ananta Toer

"Terima kasih banyak, kalau kau memang bermaksud mengirimi ini, cukuplah vitamin-vitamin saja, pakaian aku tidak perlu, tembakau di tempatku menanam sendiri. Jadi tidak kuperlukan. Aku sudah mulai menulis, tetapi ternyata terlalu sulit, karena tak ada perpustakaan.Lagi pula tempat dan keadaan kurang, bahkan tidak memenuhi syarat untuk menulis," lanjutnya.

Tak hanya menanyakan kabar sang istri, Pram juga menanyakan keadaan anak-anakanya. "Aku merasa tentram membaca suratmu. Anak-anak tidak di asrama kan? Beberapa foto anak-anak sudah kuterima, lain kali kalau mengirimkan gambar, kirimkan gambar yang bagus, jangan asal mengambil gambar sehingga tak dapat dilihat dengan jelas," lanjut surat tersebut.

1
2
BERITA FOTO
+ 7

Diadaptasi dari Novel Karya Pramoedya, Reza Rahadian dan Chelsea Islan Bermain Kembali dalam Bunga Penutup Abad

Reza Rahadian sebagai Minke, Chelsea Islan sebagai Annelies dan Marsha Timothy sebagai Nyai Ontosoroh dalam pertunjukan Bunga Penutup Abad di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jumat 16 November 2018. Bunga Penutup Abad merupakan sebuah pementasan teater yang diadaptasi dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang termasuk dalam seri novel Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini