nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Kebebasan Pram, Gala Premiere Bumi Manusia Digelar di Surabaya

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 21:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 01 206 2086626 rayakan-kebebasan-pram-gala-premiere-bumi-manusia-di-gelar-di-surabaya-zXAqkRuKgu.jpg Bumi Manusia (Foto: Hana/Okezone)

JAKARTA - Dua film yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, Perburuan dan Bumi Manusia segera menghiasi layar bioskop Tanah Air. Gala premiere dari dua film tersebut akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur pada 9 Agustus 2019.

Bukan tanpa alasan, pemilihan Surabaya sebagai lokasi diselenggarakan gala premiere tersebut memiliki makna tersendiri. Hanung Bramantyo, selaku sutradara dari Bumi Manusia menyebut acara ini sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI bersama Pramoedya Ananta Toer.

Baca Juga:

Akhirnya, Lucinta Luna Mengakui Nama Aslinya Muhammad Fatah

Sahabat Ungkap Kondisi Terakhir Agung Hercules Sebelum Meninggal Dunia

Bumi Manusia


"Kita fokus dokumenter Pram (Pramoedya Ananta Toer). Satu kalimat yang terenyuh, beliau bilang Indonesia masih berumur 50 tahun dan disitu saya dipenjara. Pak Pram dipenjara selama 30 tahun. Di bulan kemerdekaan ini, kita berusaha rayakan kemerdekaan pak Pram yang enggak pernah rayain kemerdekaan. Beliau dianggap terasing, pengkhianat, pemberontak sehingga hak merayakan kemerdekaan tak ada. Kami tiba untuk merayakan kemerdekaan Indonesia lewat karya pak Pram. Pasti Pram bahagia sekali," ujar Hanung Bramantyo saat ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Sementara itu, sutradara Perburuan, Richard Oh mengungkapkan dipilihnya Surabaya sebagai kota gala premiere yakni sebagai ajang untuk memperkenalkan literasi Indonesia kepada masyarakat.

Perburuan

"Saya pikir ini bakal jadi satu event perayaan sastra dan film di bulan kemerdekaan. Sebuah event yang saya kira bisa mengundang orang untuk bisa kenal sastra dan membaca buku terbaik dari Indonesia. Selain itu membuat interpretasi sastra semakin tinggi dengan relevan di Indonesia," pungkas Richard Kho.

Bumi Manusia sendiri akan tayang perdana di bioskop mulai 15 Agustus 2019. Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan (Minke), Mawar Eva De Jongh (Annelies), dan Sha Ine Febriyanti sebagai (Nyai Ontosoroh).

Di hari yang sama, yakni Perburuan pun tayang perdana. Film ini dibintangi oleh Adipati Dolken (Hardo), Ayushita (Ningsih) dan Michael Kho (Shidokan).

Baca Juga:

Deretan Bukti Lucinta Luna adalah Muhammad Fatah

Foto Bareng Siti Badriah dan Suami, Dada Zaskia Gotik Jadi SorotanĀ 

1
2
BERITA FOTO
+ 8

Potret Cantiknya Angel Karamoy dalam Balutan Busana Putih

Angel Karamoy dengan balutan baju putih. (Foto: Instagram @realangelkaramoy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini