nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Novel Pramoedya Ananta Toer Ini Akan Teruskan Sukses Bumi Manusia

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 20:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 11 33 2090519 3-novel-pramoedya-ananta-toer-ini-akan-teruskan-sukses-bumi-manusia-iTiy69kbYF.jpg Pramoedya Ananta Toer. (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA – Novel-novel karya Pramoedya Ananta Toer memang terbilang sulit untuk dibuatkan filmnya. Hingga kini, baru dua novel Pram -demikian ia akrab disapa- yang telah diangkat ke layar lebar: Perburuan dan Bumi Manusia.

Kehadiran dua film tersebut menjadi pembuka bagi karya-karya Pram lainnya. Sebagaimana diketahui, ketika ditahan di Pulau Buru, Pram berhasil menulis novel tetralogi Bumi Manusia.

Tematik Pramoedya Ananta Toer. (Ilustrasi: Okezone)

Baca juga: Lima Fakta tentang Novel Bumi Manusia

Andaikan Bumi Manusia sukses, baik dari segi kualitas ataupun pendapatan, bukan tak mungkin ketiga novel setelahnya juga diangkat menjadi film. Novel Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca akan menjadi penerus dari Bumi Manusia.

Jika dilanjutkan, Hanung Bramantyo tak menutup kemungkinan untuk mengganti Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran Minke dalam film itu. Alasannya, karena Minke merupakan karakter yang bertumbuh dalam kisah tetralogi tersebut.

Hanung Bramantyo menegaskan dirinya tertarik melanjutkan kisah Minke setelah menyelesaikan Bumi Manusia. Namun tentu saja harapan Hanung itu harus menunggu lampu hijau dari berbagai pihakl. Tak hanya rumah produksi, namun juga pihak keluarga Pramoedya Ananta Toer.

Baca juga: Tampil Kompak, Ayu Ting Ting Sediakan 50 Seragam untuk Panitia Kurban

Dari berbagai judul novel yang sudah ditulis Pram, menurut Anda cerita mana yang paling menarik untuk diangkat ke layar lebar?

(SIS)

BERITA FOTO
+ 7

Diadaptasi dari Novel Karya Pramoedya, Reza Rahadian dan Chelsea Islan Bermain Kembali dalam Bunga Penutup Abad

Reza Rahadian sebagai Minke, Chelsea Islan sebagai Annelies dan Marsha Timothy sebagai Nyai Ontosoroh dalam pertunjukan Bunga Penutup Abad di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jumat 16 November 2018. Bunga Penutup Abad merupakan sebuah pementasan teater yang diadaptasi dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang termasuk dalam seri novel Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini