nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Idap Tumor Otak, Epy Kusnandar Sembuh Berkat Pengobatan Alternatif

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 08:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 17 33 2057095 sempat-idap-tumor-otak-epy-kusnandar-sembuh-berkat-pengobatan-alternatif-lI1RdIwGnA.jpg Epy Kusnandar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tak ada siapapun yang tahu, kapan ajal akan menjemput. Demikian pula bintang Preman Pensiun, Epy Kusnandar. Sempat divonis dokter usianya hanya tinggal menghitung bulan karena penyakit tumor otak yang diidap, rupanya takdir Tuhan berkata lain.

Baca Juga: Celine Evangelista Kembali Berhijab, Cut Meyriska Menangis

Sempat mengalami penyakit tumor otak pada akhir 2011 silam, Epy sempat divonis hanya memiliki waktu hidup selama empat bulan. Akan tetapi, vonis tersebut langsung berbalik 360 derajat, lewat usaha dan tekad pria berusia 55 tahun ini untuk bisa kembali sembuh.

Kala itu, sang istri, Karina Ranau mengungkapkan bahwa penyakit yang diderita suaminya merupakan penyakit yang paling parah. Bahkan Epy sempat mengalami blackout saat menyetir mobil, hingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk diperiksa.

Tematik Kesempatan Kedua

"Sudah sebulan ini sakit, diagnosis awalnya sih tumor otak. Dan itu merupakan sakit yang paling parah banget. Sebelumnya, hanya mengeluh sakit sedikit, biasa saja, lalu minum obat dan sudah (membaik)," kata Karina Ranau kala itu.

"Kemarin, waktu nyetir, tiba-tiba sudah blackout, bola matanya putih, pokoknya sudah parah banget. Lalu, langsung dirawat di rumah sakit dan akhirnya baru ketahuan kalau kena tumor otak," sambungnya.

Epy Kusnandar

Sebelum divonis mengidap tumor otak, Epy mengungkap bahwa dokter mendiagnosanya mengidap tifus. Namun, setelah melakukan CT scan dan pemeriksaan lebih lanjut, pihak medis baru dapat memastikan bahwa tumor otaklah yang membuat kesehatan sang aktor naik turun.

"Awalnya didiagnosa tifus. Tetapi, begitu di CT scan di rumah sakit, ternyata ada tumor di otak dan harus segera dioperasi," ujar Epy.

Gaya Epy Kusnandar Cuma Pakai Singlet di Pemutaran Perdana Preman Pensiun

Mengalami tumor otak dan harus melakukan operasi demi kesembuhan, tentunya membuat perasaan istri Epy tak karuan. Oleh karenanya, ia meminta agar Epy dikembalikan ke rumah untuk menjalani pengobatan tanpa operasi.

"Awalnya, saat dokter bilang usia saya tinggal empat bulan lagi, buat apa saya berobat," terang Epy.

"Saya merasa mentok untuk mencari pengobatan, mulai mukanya yang kusam, kurus, mau kerja juga bingung, pikiran saya tidak menentu. Tapi dengan terapi herbal membuka jalan hidup baru," jelasnya.

Sebelum sembuh dari penyakit yang dideritanya, rupanya ada beberapa terapi yang harus dilakukan oleh pria kelahiran Garut, Jawa Barat tersebut. Selain melakukan terapi herbal akar sidaguri dengan tak mengonsumsi daging-dagingan, ia juga harus memiliki semangat hidup yang tinggi. Selain itu, ia juga harus menjaga stamina dengan mengonsumsi sarang semut serta mandi rempah.

Baca Juga: Epy Kusnandar Ungkap Alasan Kenapa Film Preman Pensiun Harus Ditonton

"Dulu, keseimbangan sering hilang, tiba-tiba blank pandangannya pas syuting dan jalannya oleng. Sekarang semuanya sudah hilang. Sekarang masih tetap minum vitamin dan suplemen obat herbal, menjaga pola makan, gaya hidup," ungkap Epy.

"Sarang semut rasanya seperti jamur. Terus saya konsumsi seperti di pagi dan sore hari," tukas Epy.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini