nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Andien Pernah Divonis Kanker Payudara di Usia Remaja

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 19 33 2057450 andien-pernah-divonis-kanker-payudara-di-usia-remaja-I3qqJg3tNv.jpg Andien (Foto: Instagram/@andienaisyah)

JAKARTA - Penyakit tumor dan kanker payudara merupakan satu momok yang menakutkan bagi kaum hawa. Penyakit tersebut bahkan menjadi salah satu penyumbang terbesar angka kematian tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Payudara Dibandingkan dengan Lucinta Luna, Angela Gilsha: Gue Cewek Beneran

Andien Aisyah pernah mendapatkan pengalaman tak menyenangkan karena divonis mengidap kanker payudara. Saat itu Andien masih berusia 16 tahun dan duduk di bangku SMA.

Andien muda menemukan sebuah benjolan di payudaranya. Setelah berkonsultasi dengan dokter, benjolan yang ternyata tumor itu disarankan untuk segera diangkat melalui sebuah operasi.

Andien

“Tapi setelah diangkat dan selesai surgery-nya aku sempat nanya ke dokternya, ini setahuku tomor payudara atau kanker cuma bisa diderita oleh orang-orang yang sudah menikah, punya anak, dan sudah pernah menyusui atau setelah 30 tahun ke atas. Tapi kenapa waktu itu aku yang usianya masih 16 tahun bisa kena tumor?" ujar Andien dalam sebuah wawancara.

Sang dokter lantas menjelaskan kepada Andien bahwa tumor dan kanker bisa berasal dari keturunan. Namun Andien kembali mengajukan pertanyaan karena di dalam keluarganya tidak ada riwayat kanker.

Tematik Kesempatan Kedua

Ternyata, secara mengejutkan, kanker payudara Andien dipicu oleh gaya hidup kurang sehat yang dijalaninya semasa remaja. Gaya hidup Andien bukan bergelut pada rokok dan alkohol melainkan banyaknya asupan makanan cepat saji yang tak sehat.

"Padahal enggak ngerokok dan minum alkohol pada saat itu, terus enggak ada gaya hidup aku merasa bisa berpotensi untuk tumor. Terus dokternya bilang, 'Coba kamu kurangi makan makanan junk food.' Jadi kemungkinan dari situ," ujar ibu satu anak ini.

Baca Juga: Cerita Kebahagiaan Andien Aisyah Bawa si Kecil ke Panti Jompo

Pengalaman ini benar-benar dimanfaatkan Andien sebagai pelajaran berharga dalam hidupnya. Ia tak ingin orang-orang terdekatnya terkena penyakit sama karena asupan makanan tak sehat. Oleh sebabnya, Andien pun kini menerapkan pola hidup dan pola makan sehat di kehidupan sehari-harinya.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini