nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bermodalkan Kesetaraan Gender, Najwa Shihab Lihat Peluang Jadi Presiden

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 01:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 04 33 2051344 bermodalkan-kesetaraan-gender-najwa-shihab-lihat-peluang-jadi-presiden-k8Y6QnUK51.jpg Najwa Shihab (Foto: Instagram Najwa)

JAKARTA - Kesetaraan gender sudah mulai sering dijadikan topik perbincangan di ranah politik Indonesia. Perempuan bahkan berpeluang memimpin Indonesia sebagai presiden. Sistem demokrasi di Tanah Air membuka kesempatan seluas-luasnya kepada semua warga negara untuk maju sebagai orang nomor 1.

Tiga perempuan Indonesia melihat peluang bahwa kaum hawa juga bisa terus berkontribusi untuk negara. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Journalis dan Founder Narasi TV, Najwa Shihab, dan Staff Khusus Presiden, Adita Irawati adalah tiga perempuan tangguh yang kerap memberikan motivasi kepada sesama perempuan untuk maju dan berkembang.

Baca Juga:

Muzdalifah Unggah Foto Keluarga, Ekspresi Anak Nassar Jadi Sorotan

Baru Jadi Korban Penabrakan, Pamela Safitri Sudah Unggah Foto Seksi Lagi

Ketiganya menyampaikan hal itu di acara movie screening dan diskusi inspiratif bertema "Perempuan, Kuasa, dan Cinta" di Plaza Indonesia XXI, Jakarta.

Pekerjaannya sebagai diplomat membuat Retno mengetahui peta politik di setiap negara. Menurut dia, Indonesia cukup beruntung karena tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Menurut dia, apabila tidak ada keberpihakan, mulai dari keluarga hingga masyarakat, maka keberadaan perempuan di Indonesia akan semakin sulit bersaing dengan laki-laki.

"Saya patut bersyukur di Indonesia, perempuan mempunyai kesempatan sama. Saya merasa, Alhamdulillah kita di Indonesia perempuan tidak pernah dibatasi mempunyai hak sama," kata dia.

Sementara itu, presenter sekaligus Founder Narasi TV, Najwa Shihab, menegaskan siapapun berhak dan mungkin menjadi orang nomor 1 di Indonesia. Ia pun melihat peluang di masa depan dirinya bisa duduk di kursi RI 1.

Menurut Najwa, bangsa Indonesia sudah tidak melihat perbedaan jenis kelamin atau gender untuk menentukan apakah seseorang bisa menempati posisi tertinggi.

"Mungkin jadi presiden kenapa tidak," kata Najwa.

Adapun, Staff Khusus Presiden, Adita Irawati, menambahkan apapun pekerjaan yang dijalani para perempuan saat ini, tanggung jawab harus tetap dipenuhi. Baginya, hal itu semakin menambah nilai lebih pada kekuatan perempuan di masa mendatang.

"Yang penting tanggungjawab di depan," tutupnya.

(aln)

BERITA FOTO
+ 4

Najwa Shihab Bawakan Catatan Karya Pramoedya Ananta Toer

Najwa Shihab membawakan catatan seorang sastrawan Pramoedya Ananta Toer saat pembukaan pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip di Jakarta, Selasa 17 April 2018. Pameran ini menampilkan sosok Pram yang bukan hanya sebagai penulis, tetapi lebih sebagai manusia dalam kesehariannya dan dokumentator Indonesia.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini