nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Penuhi Panggilan Kejaksaan, Ridho Rhoma Tunggu Salinan Putusan MA

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 15 April 2019 14:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 33 2043727 tak-penuhi-panggilan-kejaksaan-ridho-rhoma-tunggu-salinan-putusan-ma-VVNcvGqo90.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Tim kuasa hukum Ridho Rhoma mendatangi Kejaksaan Negeri Jakarta Barat terkait pemanggilan terhadap klien mereka soal eksekusi putusan Mahkamah Agung (MA). Kedatangan kali ini, Ridho yang diwakili Achmad Cholidin menyerahkan surat yang pada intinya menyatakan kesiapan hadir saat sudah menerima salinan putusan.

"Tadi saya sudah bertemu Kasi Pidum dan memberikan surat. Surat itu berisikan kalau Ridho akan memenuhi panggilan Kejaksaan jika sudah menerima petikan atau salinan putusan asli dari putusan Kasasi MA," tuturnya, Senin (15/4/2019).

Penyerahan surat tersebut, kata Achmad Cholidin, tak lepas dari ketentuan Pasal 270 KUHAP. Mengacu pada undang-undang, eksekusi putusan harus disertai salinan yang diserahkan kepada terdakwa.

Baca juga: Absen dari Panggilan Kejaksaan, Begini Kondisi Terkini Ridho Rhoma

Kasus Penyalahgunaan Narkotika, Ridho Rhoma Divonis Hukuman 10 Bulan Penjara

Sementara menurut pengakuan pihak Ridho Rhoma, mereka belum menerima salinan yang dimaksud. Hingga kini, tim kuasa hukum Ridho hanya menerima fotokopian petikan putusan MA pada Rabu lalu.

"Dalam putusan kasasi MA, Pasal 270 KUHAP menyatakan eksekusi penjemputan terdakwa bisa dilakukan jika terdakwa sudah menerima salinan putusan asli kasasi MA," jelas Achmad Cholidin.

Hal itulah yang kemudian membuat Ridho Rhoma belum bersedia memenuhi panggilan Kejaksaan. Menurut Achmad Cholidin, langkah tersebut diambil sebagai bentuk kepatuhan terhadap hukum yang berlaku.

Kasus Penyalahgunaan Narkotika, Ridho Rhoma Divonis Hukuman 10 Bulan Penjara

"Kami ingin mematuhi undang-undang. Kita akan patuh terhadap hukum, jika memang salinan putusan asli kasasi MA sudah diberikan," tandasnya.

Baca juga: Dude Harlino Sebut Roger Danuarta Mulai Rajin Ikut Kajian, Hijrah?

Sebelumnya diberitakan, Mahkamah Agung dalam putusan kasasi menambah hukuman Ridho Rhoma terkait kasus narkoba yang menjeratnya pada 2017 menjadi 1 tahun 6 bulan. Hakim Agung mengabulkan permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan meminta Ridho kembali ke penjara untuk menyelesaikan masa tahanannya.

(sus)

BERITA FOTO
+ 6

Momen Rhoma Irama Peluk Ridho Rhoma di Sidang Putusan Kasus Narkotika

Raja dangdut yang juga ayah Ridho Rhoma, Rhoma Irama menyaksikan sidang putusan kasus narkotika di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (19/9/2017). Rhoma Irama datang untuk memberikan support kepada putranya yang dihukum 10 bulan penjara dan masa rehabilitasi selama 6 bulan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini