nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Garin Nugroho Angkat Tema Maskulinitas dan Feminitas dalam Filmnya

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 15 April 2019 23:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 206 2043877 alasan-garin-nugroho-angkat-tema-maskulinitas-dan-feminitas-dalam-filmnya-JLedYQi0Y3.jpg Garin Nugroho (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Tema maskulinitas dan feminitas diangkat dan disajikan oleh Garin Nugroho dalam karya terbarunya, Kucumbu Tubuh Indahku. Tema seperti ini terbilang langka karena banyak sineas Indonesia memilih untuk mengangkat tema lain yang lebih umum.

Garin mengatakan bahwa tema seperti ini seharusnya mendapatkan perhatian karena ada fenomena budaya yang sedang terjadi namun terkesan diabaikan.

Baca Juga: 

Berikan Billy Syahputra Uang Rp30 Juta, Nikita Mirzani: Dalam Rangka Riya

Wulan Guritno Unggah Foto Bayi, Netizen: Cantik dari Lahir


"Menurut saya tema-tema itu menjadi sebuah tema yang justru menjadi sesuatu hal yang kita bisa diskusikan dan dengan semangat cultural diversity itu," tuturnya saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Secara tidak langsung, tema maskulinitas dan feminitas yang diangkat Garin juga bersinggungan dengan LGBT. Tanpa disadari persoalan LGBT ini juga terjadi di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Dengan hadirnya Kucumbu Tubuh Indahku, Garin berharap agar perbedaan budaya dalam memandang fenomena ini bisa menjadi lebih baik atau setidaknya terhindar dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.

"Iya pasti terkaitlah (dengan LGBT), itu memang menjadi hal-hal yang harus ada penghormatan pada cultural diversity agar tidak terjadi diskriminasi dan kekerasan-kekerasan lainnya. Saya mencoba menemukan dialog lewat sejarah tubuh seniman," terangnya.

Kucumbu Tubuh Indahku sendiri sebenarnya adalah film yang rilis tahun 2018. Namun setelah melewati berbagai festival film dunia, film ini baru akan tayang di Indonesia pada tanggal 18 April 2019.

(aln)

BERITA FOTO
+ 6

Foto-Foto Baby Shima Bersama Sule

Baby Shima dan Sule kompak mengacungkan jempol. (Foto: Twitter @babyshimaofficial)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini