nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garin Nuroho Desak Pemerintah Bantu Filmnya Berkiprah di Oscar

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 13:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 11 206 2115653 garin-nuroho-desak-pemerintah-bantu-filmnya-berkiprah-di-oscar-TJoHRsDzJk.jpg Garin Nugroho (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Garin Nugroho untuk kedua kalinya dipilih untuk mewakili Indonesia dalam pentas Academy Awards atau Oscar. Filmnya yang berjudul Kucumbu Tubuh Indahku dianggap layak mewakili Indonesia dan akan berkompetisi di kategori International Feature Film Oscar 2020.

Saat ditanya soal persiapan Oscar 2020, Garin Nugroho mendesak pemerintah untuk membantu promosi filmnya di sana.

 Garin Nugroho

Baca Juga: Garin Nugroho Kawinkan 3 Genre dalam 99 Nama Cinta

Sekadar informasi, biaya promosi film untuk promosi agar ditonton di luar negeri sebelum Oscar dihelat memakan biaya yang cukup besar. Oleh sebab itu, Garin meminta pemerintah ikut andil.

"Ya biasanya kalau di negara lain ya negara bakal support besar-besaran ya. Saya gak tahu pemerintah Indonesia," kata Garin.

Baca Juga: Garin Nugroho Terkejut Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscar 2020

 Kucumbu

Ketika sebuah film masuk dalam ajang seperti Oscar, maka film tersebut harus melakukan promosi sendiri di luar negeri termasuk melakukan pemutaran khusus. Ini jelas bukan hal mudah karena budget promosi film-film festival semacam Kucumbu Tubuh Indahku tidak sebesar film-film lainnya.

Garin Nugroho berharap beberapa lembaga pemerintahan bisa membantu filmnya untuk mengatasi masalah ongkos promosi besar yang biasa dihabiskan dalam gelaran Oscar.

"Itu kan kita punya BPI ya, semacam dewan film nasionalnya, itu harus bekerja sama dengan Kemdikbud atau BEKRAF. Itu harus mendukung Kucumbu, kalau di negara lain gak usah diminta udah pasti mendukung," paparnya.

Baca Juga: 4 Foto Hot Shandy Aulia, Umbar Keseksian hingga Jadi Kontroversi

Sejauh ini, Garin Nugroho tidak tahu apa langkah dari pemerintah dalam mendukung film Kucumbu Tubuh Indahku berlaga di Oscar 2020. Namun ia memastikan bahwa pihaknya belum mendapatkan bantuan apapun dalam hal ini.

 

"Saya enggak tahu ya. Chef itu pemasak aja, enggak mikirin distribusi. Bagian marketing yang kerja, enak saja," tutupnya sembari tertawa.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

35 Tahun Berkarya, Garin Nugroho Persembahkan Film Setan Jawa

Sutradara Garin Nugroho usai konferensi pers di Jakarta, Senin (22/8/2016). Merayakan 35 tahun berkarya di industri film, Garin Nugroho bersama Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan sebuah film bisu hitam putih yang pertama berjudul ?Setan jawa? yang mengangkat mitologi jawa dengan iringan orkestra musik gamelan. dan akan diputar perdana tanggal 3-4 September 2016 di Gedung Teater Jakarta.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini